Jatim Times Network Logo
05/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Gaya Hidup

Brand Ambassador Korea vs Lokal, Siapa yang Lebih Berpengaruh?

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

02 - Jan - 2023, 03:44

Ilustrasi fans yang terpengaruh membeli barang yang dipromosikan oleh idolanya (pixabay)
Ilustrasi fans yang terpengaruh membeli barang yang dipromosikan oleh idolanya (pixabay)

JATIMTIMES - Hal-hal yang berbau Korea, seperti musik K-Pop atau pun Drama Korea tentu sudah pasti digandrungi masyarakat Indonesia, khususnya kalangan muda. Kegilaan pada artis Korea idola mereka tak jarang juga membuat mengikuti dan membeli apa yang digunakan atau dipromosikan oleh sang idola. 

Lantas, seberapa besar tingkat kegemaran masyarakat Indonesia terhadap selebriti Korea Selatan dibandingkan dengan selebriti lokal? Dan seberapa besar minat mereka tertarik dengan produk yang dipromosikan idolanya?

Baca Juga : Sinopsis Ikatan Cinta RCTI 1 Januari 2023, Aldebaran Jadi Ragu Dalang di Balik Kecelakaan yang Dialami Andin

Perusahaan riset digital tSurvey melakukan survei berkaitan hal tersebut. Terkuak hasil survei yang diolah dari laman resminya, ada 76 persen orang Indonesia yang menggandrungi konten berbau Korea dan juga selebriti Korea. Sementara 29 persen lainnya menyukai konten berbau Korea namun tidak mengidolakan selebriti Korea.

Kemudian, perihal pengaruh idola Korea terhadap pembelian produk oleh fans, hasil survei juga menguak, jika fans tersebut memiliki potensi tinggi untuk membeli produk yang dipromosikan idolanya dibandingkan fans lokal.

Ada 13 persen fans Korea selalu membeli produk yang dipromosikan oleh idolanya. Bahkan, intensitas fans yang sering membeli juga ada, persentasenya mencapai 9 persen. 

Kemudian, ada juga 45 persen fans pernah sesekali membeli barang yang dipromosikan idolanya. Kemudian, 33 persen fans ada juga yang belum pernah membeli sama sekali. 

33 persen fans yang belum pernah membeli produk yang dipromosikan idola Korea-nya ini beralasan, bahwa mereka hanya menggemari karya saja. Mereka merasa tidak perlu membeli produk yang dipromosikan dan merasa barang tersebut belum diperlukan.

Sementara itu, dibandingkan dengan fans Korea, persentase penggemar pada artis lokal juga tak kalah besar. Hasil survei tSurvey ada 71 persen penggemar konten lokal juga mengidolakan artisnya. 29 persen mengaku tidak memiliki idola sama sekali. 

Baca Juga : Meski Gunakan Pashmina Instan, Kalian Juga Bisa Styling Hijab Agar Tak Monoton

Sementara itu, jika dibandingkan dengan fans lokal, tingkat pengaruh idola terhadap pembelian produk yang dipromosikan rendah. Hanya ada 4 persen yang selalu membeli produk yang dipromosikan idolanya. 2 persen mengaku sering membeli, 37 persen fans mengaku sering sesekali membeli dan ada 58 persen fans belum pernah membeli sama sekali. 

Jika dibandingkan dengan fans idola lokal, hanya 4% yang selalu membeli produk yang dipromosikan idolanya, 2% sering membeli, 37% pernah sesekali membeli dan 58% belum pernah membeli sama sekali. 

Berdasarkan data di atas, dapat diketahui bahwa penggemar idola Korea di Indonesia memiliki tendensi yang lebih besar untuk membeli produk yang dipromosikan idolanya.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana