Jatim Times Network Logo
05/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Cianjur Kena Musibah Gara-Gara Azab? Begini Penjelasan Habib Ja'far 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

02 - Dec - 2022, 09:25

Habib Ja'far- sapaan akrab Habib Husein Ja'far Al Hadar ungkapkan pernyataannya soal Cianjur kena azab (foto: Instagram Habib Ja'far Husein)
Habib Ja'far- sapaan akrab Habib Husein Ja'far Al Hadar ungkapkan pernyataannya soal Cianjur kena azab (foto: Instagram Habib Ja'far Husein)

JATIMTIMES - Usai terjadi musibah gempa bumi yang menelan ratusan korban jiwa, banyak tudingan yang menyebut Cianjur kena azab. Dari beberapa penelusuran informasi, ada yang menduga Cianjur terkena azab lantaran adanya destinasi wisata seks hingga kawin kontrak.

Tudingan azab itu pun menuai perhatian dari para tokoh pendakwah Islam di Indonesia. Salah satunya pendakwah Habib Husein Ja'far Al Hadar. Dalam podcast bersama Deddy Corbuzier, Habib Ja'far- sapaan akrab Habib Husein Ja'far Al Hadar ungkapkan pernyataannya. 

Baca Juga : Tolak Reuni 212 Heru Budi Terlaksana di Masjid, Mahasiswa Gelar Demo di Balai Kota

"Jangan berdakwah tentang Tuhan itu Ada, kepada orang yang sedang kelaparan," kata Habib Ja'far. 

Menurut pria berdarah Madura yang memiliki garis keturunan dengan Nabi Muhammad itu orang yang sedang seharusnya didakwahi dengan dakwah bil hal. Di mana dakwah yang dilakukan harusnya dengan tindakan, yakni dikasih makan dulu. 

"Setelah dia (orang yang kelaparan) kenyang. (Baru dikasih tau) Bro, Tuhan itu Ada lo," ucapnya. 

Habib Ja'far menyebutkan saat ini bukan bacot netizen yang dibutuhkan oleh korban gempa Cianjur. Tapi yang dibutuhkan adalah mendoakan. 

"Dan sebisa mungkin hadir di sana (lokasi bencana), baik pikirannya, tenaganya atau duitnya," tandas pria kelahiran Bondowoso, Jawa Timur tersebut. 

Sejatinya, menurut pria bermarga Al Hadar ini sejatinya yang menjadi sumber azab adalah netizen ini. 

"Kita menuduh mereka kena azab padahal, kita yang sejatinya malah menjadi sumber azab. Dengan terpecah belah satu sama lain, saling menyakiti satu sama lain," ucapnya. 

Baca Juga : Gelar Aksi Sosial, DWP Kota Kediri Peringati Hari Jadi Ke-23

Baik katakanlah di sana, sebut saja memang benar Cianjur terkena azab. Namun kata Habib Ja'far, dalam surat As Sajadah ayat 21 diartikan bahwa yang dikatakan Azab itu untuk mengajak mereka kembali pada Allah.

"Bukan atas dasar Allah melakukan karena kebencian, kemarahan dan ingin mereka hancur," tegasnya. 

Ditegaskan Habib Ja'far, Nabi Muhammad itu mayoritas membawa orang pada Islam dengan akhlaknya. Biarkan orang kemudian merasakan keindahan Islam agar kemudian mereka tertarik pada islam. 

"Karena kalau lo tidak memiliki kesan yang baik pada seseorang, maka pesan sebaik apapun tidak akan sampai kepada dia," tandas Habib Ja'far. 


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri