Alam Semesta Diciptakan Allah 6 Masa, Berapa Lama 6 Masa Itu? | Kediri TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Alam Semesta Diciptakan Allah 6 Masa, Berapa Lama 6 Masa Itu?

Sep 22, 2022 07:36
Ilustrasi alam semesta (pixabay)
Ilustrasi alam semesta (pixabay)

JATIMTIMES - Alam semesta merupakan ciptaan Allah SWT. Hal ini juga menjadi bukti keagungan dan kebesaran Allah SWT. Penciptaan alam semesta dilakukan Allah dalam 6 masa. Dalam proses penciptaan alam semesta selama enam masa, juga dijelaskan dalam Al-Qur'an. 

Dalam surah Huud ayat 7 disampaikan "Dan Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa". Dalam Al-Qur'an Surah Al A'raf ayat 54, juga dijelaskan hal yang sama mengenai penciptaan alam semesta. 

Baca Juga : Reaksi Mengejutkan Bangsa Jin ketika Pertama Mendengar Bacaan Al-Qur'an

"Sungguh, Tuhanmu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah! Segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Mahasuci Allah, Tuhan seluruh alam." 

Lantas, sebenarnya lama waktu 6 masa ini berapa lamakah? Mengenai hal tersebut, banyak beragam pendapat yang berbeda. Dalam hal ini ada yang mengatakan detik, menit, jam, hari, minggu hingga tahun. 

Diolah dari Islam Pos dan beberapa sumber lain, terlepas dari pendapat tersebut, sesungguhnya masa merupakan masa waktu atau interval waktu yang tak bisa diukur. Sehingga, hal ini hanya Allah SWT yang Maha Agung yang mengetahui lama waktu yang sebenarnya. 

Namun dari sumber lain yang dihimpun, enam masa ini adalah Azoikum, Ercheozoikum, Protovozoikum, Palaeozoikum, Mesozoikum, dan Cenozoikum. Pada setiap masa tersebut, menurut para ahli menunjukkan perkembangan secara bertahap. Hal ini tetap sesuai dengan susunan organisme dengan ukuran dan tak berevolusi. 

Baca Juga : Libatkan APH, Petrokimia Perketat Distribusi Pupuk Bersubsidi hingga Pelosok Tanah Air

Dalam buku 'Alquran vs Sains Modern Menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dan kawan-kawan, teori Charles Darwin telah terbantahkan. Beberapa jenis tumbuhan maupun hewan seperti ganggang biru, komodo telah lama ada jutaan tahun lalu. Namun dalam bentuknya, fisiknya tidak mengalami evolusi. 

Hasil penelitian ilmiah yang dipadukan dengan Alquran semakin menguatkan hal ini. Maka, ditemukan titik temu asal-usul penciptaan manusia. Seperti yang termaktub dalam Al-Qur'an Surah Al Furqan 59. "Yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, kemudian dia bersemayam di atas Arsy, (Dialah) Yang Maha Pemurah, maka tanyakanlah (tentang Allah) kepada yang lebih mengetahui (Muhammad) tentang Dia".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
enam masa penciptaan alam penciptaan alam semesta

Berita Lainnya