Mobil Incar Polres Kediri Kota Catat 4.586 Pelanggar Lalu Lintas, Didominasi Tidak Memakai Helm | Kediri TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Mobil Incar Polres Kediri Kota Catat 4.586 Pelanggar Lalu Lintas, Didominasi Tidak Memakai Helm

Jun 22, 2022 13:52
Kanit Turjawali Polres Kediri Kota Iptu Cahyo (eko arif s/JatimTIMES)
Kanit Turjawali Polres Kediri Kota Iptu Cahyo (eko arif s/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kediri Kota, Jawa Timur mulai menggunakan mobil Integrated Capture Attitude Record (INCAR) untuk menindak pelanggaran wilayah lalu lintas di wilayahnya, sejak 1 Juni 2022.

Sistem ini bertujuan untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas dan menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

Baca Juga : Dijaga Ketat Personel TNI Polri, Bupati Hendy Berharap Porprov Jatim VII di Jember Berjalan Lancar

Iptu Cahyo Widodo, Kanit Turjawali Satlantas Polres Kediri Kota mengatakan, berdasarkan hasil rekapan atas kinerja dari mobil incar dalam beberapa waktu ini, kepolisian Satlantas Polres Kediri Kota telah mencatat setidaknya terdapat 4.586 pelanggar. Di mana, pelanggar terbanyak didominasi pelanggaran tidak mengenakan helm saat mengendari sepeda motor.

Jika pemilik kendaraan terbukti melakukan pelanggaran, maka akan dilakukan tindakan penilangan.

Lebih jauh Iptu Cahyo menjelaskan, kinerja dari mobil incar itu ialah mengcapture kendaraan yang melakukan pelanggaran berlalulintas. Sedangkan hasil pelanggaran yang tertangkap kamera itu kemudian akan divalidasi dan diverifikasi pemiliknya. Dengan cara mencocokkan data pelat nomor di database registrasi dan identifikasi kendaraan.

Setelah terverifikasi, kemudian diterbitkan surat dokumen konfirmasi yang dikirimkan ke alamat pemilik kendaraan melalui pengiriman kantor pos.

Baca Juga : Menko Airlangga Bahas Potensi Peningkatan Ekonomi Digital Bersama IBM

"Jadi setelah pelanggar itu dipastikan melakukan pelanggaran, maka mereka barulah dikenakan tilang. Tilang bisa dibayar melalui BRI maupun Pengadilan," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Polres Kediri Kota Mobil INCAR

Berita Lainnya