Lumajang Optimis, 2022 Bakal Banyak Desa yang Berstatus Mandiri  | Kediri TIMES

Lumajang Optimis, 2022 Bakal Banyak Desa yang Berstatus Mandiri 

May 12, 2022 16:02
Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lumajang Mustajib saat memberi penjelasan di ruang kerjanya, Kamis (12/5) siang.
Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lumajang Mustajib saat memberi penjelasan di ruang kerjanya, Kamis (12/5) siang.

JATIMTIMES - Setelah berhasil melahirkan 10 Desa Mandiri dan terbebas dari desa tertinggal, kini Lumajang terus memacu membangun desa. Bahkan tahun depan sudah ada beberapa desa yang bakal mengikuti langkah 10 desa mandiri tersebut.

Hal ini diungkap Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lumajang Mustajib saat di temui JatimTimes di ruang kerjanya, Kamis (12/5/2022) siang. Ia memang belum bersedia menyebutkan desa mana saja yang statusnya bakal menjadi desa mandiri di tahun 2022  dengan alasan masih belum ada SK resmi dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT).  

Baca Juga : Dikepung Warga, Modin Karanganom Dievakuasi dari Kantor Desa

desa-mandiri---lumajang-035ca0f42838f21ab3.png

Namun demikian Mustajib mengaku di tahun 2022 ini bakal ada banyak desa yang diperkirakan beralih status menjadi desa mandiri.

"Sesuai hasil survei tentang IDM (Indeks Desa Membangun) yang masih terus berproses, di tahun 2022 ini diperkirakan ada pertambahan sekitar 20 desa mandiri di Kabupaten Lumajang,” tuturnya.

Seperti diketahu bahwa sesuai penilaian yang dilakukan oleh Kemendes PDTT, di Lumajang setiap tahunnya ada percepatan peningkatan Indeks Desa Membangun (IDM) sehingga ada 10 desa di Lumajang yang naik status menjadi desa mandiri. 

Kesepuluh desa tersebut yakni, Desa Pulo Kecamatan Tempeh, Desa Sumberejo Kecamatan Sukodono, Desa Senduro Kecamatan Senduro, Desa Penanggal Kecamatan Candipuro, Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo, Desa Pasirian Kecamatan Pasirian, Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo, Desa Labruk Lor Kecamatan Lumajang, Desa Jatiroto Kecamatan Jatiroto dan Desa Purwosono Kecamatan Sumbersuko

Baca Juga : Apel Sinergitas TNI-Polri Tahun 2022, Gubernur Khofifah Sebut Sinergi, Kolaborasi, dan Komunikasi Intensif Jadi Kunci Sukses Pembangunan Daerah

 

“Tahun 2021 Kabupaten Lumajang mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya. Karena tahun 2020 di Kabupaten Lumajang belum ada desa yang berstatus mandiri. Untuk 2022 ini akan terus bertambah karena kami terus memacu pembangunan desa dengan memanfaatkan Dana Desa (DD) yang ada,” terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Desa Mandiri desa mandiri di lumajang DPMD Kabupaten Lumajang Indeks Desa Membangun kemendesa pdtt

Berita Lainnya