Top 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik Kemen-PANRB, Wali Kota Kediri: Jangan Kalah dari "CS" Perusahaan Swasta | Kediri TIMES

Top 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik Kemen-PANRB, Wali Kota Kediri: Jangan Kalah dari "CS" Perusahaan Swasta

May 12, 2022 15:55
Kota Kediri berhasil masuk dalam daftar pengelola pengaduan terbaik nasional. (Foto: Dok. Istimewa)
Kota Kediri berhasil masuk dalam daftar pengelola pengaduan terbaik nasional. (Foto: Dok. Istimewa)

JATIMTIMES - Kota Kediri berhasil masuk dalam daftar pengelola pengaduan terbaik nasional. Daftar Top 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik ini dirilis Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PANRB). Hal ini setelah Kota Kediri berhasil melewati tahap evaluasi dokumen pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik keempat.

Sejak kepemimpinan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, sejumlah perbaikan pelayanan publik menjadi perhatian serius. Khususnya dalam merespons laporan maupun aduan dari masyarakat. Pengaduan juga melalui banyak kanal seperti aplikasi berbasis web, medsos, SMS, Whatsapp, telepon, tatap muka dan kanal lain seperti Suara Warga (Surga), SP4N Lapor dari Pemerintah Pusat, dan call center covid saat pandemi melanda. Kota Kediri juga memiliki road mappengaduan lima tahun kedepan.

Baca Juga : Komisi A DPRD Surabaya Minta Operasi Yustisi Juga Sasar Apartemen

"Penghargaan ini sebenarnya bonus saja kalau menurut saya, karena sudah sewajarnya kita sebagai pemerintah wajib selalu mendengarkan keluhan atau aduan masyarakat agar bisa membuat kebijakan yang tepat. Artinya, itu  kebijakan yang dibutuhkan oleh masyarakat", jelas Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Kamis (12/5).

Wali kota menambahkan, pemerintah jangan sampai kalah dengan pihak swasta dalam hal customer service (CS).  Terbukti perusahaan yang customer service-nya bagus biasanya menjadi perusahaan terbaik.

"Coba saja datang ke bank-bank. Menilai pelayanan terbaik itu kan dilihat dari bagaimana mereka menangani keluhan kita. Misalkan menabung itu kan suku bunganya hampir sama. SEmua juga sudah pakai aplikasi. Namun biasanya kita sudah punya pilihan bank tertentu karena sudah terlanjur cocok. Nah di pemerintahan ini juga sama, arena ujung tombaknya pelayanan. Ya itu artinya bagaimana menangani aduan atau keluhan dan bagaimana rute pengaduan hingga penyelesaian itu dipermudah dan progres penanganannya cepat," tambahnya.

Penilaian dilakukan secara holistik. Mulai dari dukungan peraturan, evaluasi, dan proses terintegrasinya dengan SP4N lapor sejauh mana. Setiap evaluasi ditindaklanjuti dengan perbaikan. Seperti saat terkena refocusing anggaran akibat covid-19, SMS blast terkena imbasnya.

Baca Juga : Dinilai Alami Kemajuan Pesat seperti Kota di China, Kemendikbudristek Gelar Diklat Kepemimpinan Nasional di Kota Mojokerto

Lalu Kota Kediri berinovasi dengan menggunakan boot Line. Ketiadaan anggaran berlangganan SMS blast akhirnya memanfaatkan aplikasi tanpa biaya untuk merespons aduan namun tetap bisa on time.  Ketika ada pengaduan, akan ada pemberitahuan dari aplikasi Line. Jadi, tetap bisa real time.

Berbagai pengaduan publik pun dapat ditindaklanjuti dengan cepat dan tuntas. Kecepatan rata-rata penyelesaian pengaduan juga masih di atas standar nasional. Yakni sekitar 4 hari. (Adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pemkot Kediri Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar Pengelola pengaduan publik Prestasi Kota Kediri Berita Kediri

Berita Lainnya