Bangkitkan Ekonomi Bersama, Hipmikindo Siap Bantu UMKM Pemula | Kediri TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Bangkitkan Ekonomi Bersama, Hipmikindo Siap Bantu UMKM Pemula

Apr 21, 2022 21:11
Noviyanti  Ketua DPC Hipmikindo kota Kediri saat akan membagikan takjil.(Foto: Eko Arif S/JatimTIMES)
Noviyanti Ketua DPC Hipmikindo kota Kediri saat akan membagikan takjil.(Foto: Eko Arif S/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Sektor usaha mikro dan kecil menjadi tumpuan harapan kebangkitan ekonomi. Terutama dalam kondisi yang sempat porak-poranda akibat pandemi covid-19 dua tahun terakhir.  

Mewujudkan hal tersebut tentu bukan hal mudah, diperlukan kerjasama dan kolaborasi kuat untuk menciptakan sebuah kebangkitan ekonomi bersama. Hal itu juga yang tengah dirintis HIPMIKINDO (Himpunan Pengusaha Mikro kecil dan Menengah Indonesia) Kota Kediri

Baca Juga : Dituding Gondol Uang Rp 100 Juta Saat Jabat PJ Kades, Sekcam di Tulungagung Ini Adukan Perangkat Desa ke Polisi

Terbentuk 2 tahun lalu, HIPMIKINDO kota Kediri awalnya digerakkan 12 anggota, dan kini telah menaungi sekitar 36 anggota dari berbagai jenis UMKM mulai dari makanan minuman, tas, sepatu, baju, kerajinan tangan, dan event organizer.  

"Kita bergerak dengan perlahan misalkan membuat medsos sendiri, perkenalan  produk-produk kita, juga lewat Kepo (Kedai Pojok), next setelah lebaran kita buat Koperasi, " tutur Ketua DPC Hipmikindo kota Kediri Noviyanti Handayani, disela pembagian takjil untuk masyarakat, Kamis, (21/4/22). 

Kepo sendiri menjadi ruang pamer serta wadah perkenalan produk anggota Hipmikindo Kota Kediri. Dikelola bersama, Kepo setiap harinya mencatatkan omzet yang lumayan.  

“Jadi kita saling membantu, kita saling bisa memperkenalkan. Bergandengan tangan, kita saling support. UMKM yang satu bisa membeli UMKM temannya. Itu yang bisa menguatkan di tengah kondisi yang belum stabil. Yang masuk sini juga bukan hanya anggota Hipmikindo, semua UMKM boleh masuk. Jadi kita ingin Hipmikindo juga bisa bermanfaat buat yang lain,” imbuhnya.

Selain promosi dari mulut ke mulut dan pameran, produk UMKM anggota Hipmikindo juga dikenalkan melalui sosial media dan marketplace online. Dengan melalui penjualan online, meskipun pelaku UMKM mobilitasnya terbatas namun produk mereka tetap bisa bergerak bebas. 

Baca Juga : Bantu Pemasaran UMKM Kota Batu, Pemkot Batu Teken MoU dengan Minimarket

Penjualan online masih mendominasi penjualan, terutama saat pandemi 2 tahun terakhir. “Penjualan online sangat membantu karena kita enggak bisa ke mana-mana yang bergerak hanya barangnya itu sangat membantu sekali. Tapi kadang orang itu kalau belum mencicipi tidak tahu enak atau tidak. Jadi foto produk serta review teman-teman yang sudah mencicipi itu perlu,” tutur Noviyanti.

Keberadaan Hipmikindo dengan kemandiriannya juga mendapat apresiasi dari dinas-dinas terkait. Ke depan Hipmikindo siap membantu UMKM pemula yang ingin berkembang dan maju bersama, salah satunya dengan membantu perizinan.  

"Dari dinas sangat support. malah senang karena ternyata ada kelompok UMKM yang berdiri, mandiri, ingin maju bersama, bisa saling support. Jadi untuk pengusaha yang masih pemula ingin masuk, bisa. Nanti kita bantu untuk perizinannya. Jadi kita enggak, enggak mencakup untuk yang sudah ada, tapi UMKM yang mau maju bersama kita pasti bantu," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kota Kediri UMKM Kota Kediri

Berita Lainnya