Terkait PWNU Jatim Dukung Yahya Cholil Staquf, Marzuki Mustamar Irit Bicara | Kediri TIMES

Terkait PWNU Jatim Dukung Yahya Cholil Staquf, Marzuki Mustamar Irit Bicara

Oct 13, 2021 20:15
KH Marzuki Mustamar Saat menghadiri acara pelantikan ketua PCNU Kota Kediri periode 2021-2026 di Ponpes Lirboyo.(eko arif s/Jatimtimes)
KH Marzuki Mustamar Saat menghadiri acara pelantikan ketua PCNU Kota Kediri periode 2021-2026 di Ponpes Lirboyo.(eko arif s/Jatimtimes)

JATIMTIMES - Topik hangat menyelimuti perjalanan menjelang Muktamar ke 34 Nahdatul Ulama (NU) yang akan digelar di Lampung pada 23-25 Desember 2021.

Di tengah beredar deklarasi dukungan dari Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim) yang dikabarkan telah memutuskan untuk mendukung KH Yahya Cholil Staquf, atau akrab disapa Gus Yahya sebagai calon Ketua Umum Pengurus Besar NU (PBNU) periode 2021-2026.

Baca Juga : Wasekjen PBNU Beber 5 War yang Harus Dimenangkan

Dalam surat deklarasi yang sudah tersebar luas tersebut terlihat telah ditandatangani secara langsung oleh Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar dan juga Rais Syuriah PWNU Jatim KH Anwar Manshur.

Dalam surat tersebut menjelaskan dukungan terhadap Gus Yahya tak lepas dari perlunya dilakukan proses perubahan strategis dalam bentuk regenerasi pada tataran kepemimpinan manajerial dan pelaksanaan tugas organisasi (Tanfidziah) di tubuh PBNU.

Sementara itu, KH Marzuki Mustamar saat disinggung terkait adanya deklarasi dukungan ini, dirinya justru memilih irit bicara. Ulama kelahiran Blitar Jawa Timur tersebut justru mengarahkan hal itu kepada KH Anwar Iskandar yang notabene adalah Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim. 

"Soal Muktamar biar dijawab oleh KH Anwar Iskandar saja. Cuma di sini memang ada es, ada tumpukan es dan juga ada bawahnya. Nah, untuk di dalam-dalamnya itu lebih baik bisa ditanyakan kepada KH Anwar Iskandar saja," katanya saat ditemui wartawan ini pada acara pelantikan Ketua PCNU Kota Kediri yang berlangsung di Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri, Rabu (13/10/2021).

Untuk diketahui, kandidat calon Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa bakti 2021-2026 belakangan ini sudah mulai bermunculan di tengah publik. Tercatat, ada tiga Kiai senior NU sudah menyatakan kesediaannya untuk maju dalam bursa Muktamar NU ke-34 di Lampung bulan Desember mendatang.

Baca Juga : BUMDesa Larasati Kendalbulur Sabet Penghargaan Terbaik Tingkat Jatim

Muktamar merupakan forum tertinggi pengambilan keputusan di tubuh organisasi NU. Tak melulu soal pemilihan Ketua Umum PBNU, Muktamar NU juga memiliki sejumlah agenda yang membahas tentang masalah keumatan dan kebangsaan. Namun, tetap saja pemilihan Rais Aam hingga Ketum PBNU tetap dinantikan dalam gelaran tersebut.

Sedangkan, tiga kandidat calon tersebut diantaranya Ketum PBNU saat ini Said Aqil Siroj, Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf hingga Ketua Umum PWNU Jawa Timur Marzuki Mustamar.

Topik
KH Marzuqi Mustamar Muktamar NU

Berita Lainnya