Jadi Idola dan Tajir Melintir, Arya Saloka dan Crazy Rich Malang ini Ternyata Lulusan UM | Kediri TIMES

Jadi Idola dan Tajir Melintir, Arya Saloka dan Crazy Rich Malang ini Ternyata Lulusan UM

Sep 14, 2021 15:51
Arya Saloka dan Gilang Widya Pramana (Foto: IST)
Arya Saloka dan Gilang Widya Pramana (Foto: IST)

JATIMTIMES - Universitas Negeri Malang (UM) tentunya patut berbangga. Bagaimana tidak, pasalnya beberapa alumni dari salah satu kampus favorit di Kota Malang, Jawa Timur itu kini menjadi orang yang sukses. 

Mereka berhasil menjadi selebriti yang menjadi idola kaum hawa hingga pebisnis sukses. Penasaran siapa saja para alumni UM yang kini berhasil menjadi orang sukses? Berikut ulasannya.

1. Arya Saloka

Baca Juga : Pendamping PKH dan Pengelola e-Warung Patah Semangat, Wabup Lumajang Janji Beri Bonus Kinerja

Siapa sih yang tak kenal dengan sosok Arya Saloka ini? Pria bernama lengkap Arya Saloka Yuda Prawira Surowlogo ini merupakan aktor Indonesia yang digandrungi oleh penggemar terutama kaum hawa. 

Nama Arya Saloka semakin dikenal sejak ia membintangi sinetron Ikatan Cinta bersama Amanda Manopo. Dalam sinetron tersebut, Arya memerankan tokoh Aldebaran yang merupakan pengusaha tegas dan sukses. 

Sosok Arya 'muda' sempat membuat heboh jagad maya, khususnya di Malang Raya. Lantaran foto lawas Arya saat kuliah beredar di media sosial dan menjadi viral.

Dalam foto yang beredar itu, tampak Arya yang mengenakan almamater warna navy yang merupakan jaket kebanggaan UM. Arya merupakan mahasiswa angkatan 2010, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik UM. 

Foto tersebut awalnya diunggah melalui akun Instagram @mahasiswaum. Di foto itu, Arya juga terlihat masih kurus dengan gaya rambut mohawk atau jambul. 

Style yang masih populer 10 tahun silam. “Ada yang kenal? Kalo belum, kenalin. Ini kembarannya mimin,” tulis akun Instagram @mahasiswaum pada Selasa (2/2/2021) lalu.

Pengguna Instagram menyebut jika Arya sering jajan molen di Jalan Ambarawa, Kota Malang. Kawasan itu, terkenal sebagai kompleks rumah kos yang berdekatan dengan UM. 

Tak disangka, wajahnya di dalam foto lawas itu terlihat polos, kini ia disanjung-sanjung oleh kaum hawa dengan perannya sebagai Mas Al. Ia lahir di Denpasar, Bali pada 27 Juni 1992.

Orangtuanya bernama Hardono Surowilogo dan
Murtiningsih Hardono. Ia memulai debutnya sebagai aktor pada tahun 2011.

Film pertama yang ia bintangi adalah Malaikat Tanpa Sayap. Selanjutnya ia membintangi film Night Bus, Habibie & Ainun 2, Story of Kalen, dan Menunggu Pagi.

Adapun sinetron yang dibintanginya yakni Get Merried Series 2, Bawang Merah Bawang Putih, Siapa Suruh Datang Jakarta, Tukang Ojek Pengkolan, Anak Rantau, Saat Hati Telah Memilih, Tamu Tak Diundang, Sayap Pelindungmu, Bumi Langit dan yang sedang tayang yaitu Ikatan Cinta.

2. Gilang Widya Pramana

Masyarakat Malang Raya, siapa yang tidak tahu dengan Gilang Widya Pramana. Saking suksesnya dalam hal berbisnis dan kaya raya, Gilang sampai dijuluki 'Crazy Rich Malang.'

Ternyata Gilang juga merupakan lulusan UM. Ia mengambil jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra. Gilang memulai debutnya sebagai pengusaha dengan menjalankan usaha cuci motor sejak awal masuk kuliah, kemudian berlanjut ke usaha cucian mobil.

Baca Juga : Hewan Serangga Hampir Punah, Benarkah Pertanda Kiamat Semakin Dekat? 

Modal usahanya didapatkan dari hasil menjadi pemandu wisata di bisnis travel milik orang tuanya. Berkat menjadi pemandu wisata itu, Gilang sudah pernah keliling Indonesia dan ia mulai menjalin relasi dengan para kru bus. 

Dari situlah, ia mempelajari tentang bus pariwisata yang menjadi cikal bakal Gilang mendirikan usaha bus pariwisata yang saat ini dikenal dengan Juragan 99. 

Gilang lahir di Probolinggo pada 4 Mei 1989. Selain sebagai pengusaha di bidang transportasi darat, Gilang juga memiliki bisnis kecantikan bersama sang istri Shandy Purnamasari yakni MS Glow. 

Khusus Gilang ia menjabat sebagai co-founder dari MS Glow For Men. Kala itu, dari hasil tabungan, Gilang dan Shandy memutuskan untuk membuat klinik kecantikan di Malang dengan merek MS Glow. Saat ini, bisnis sudah menyebar di seluruh Indonesia.

Sementara itu, di pekerjaannya sebagai tour leader, Gilang bertemu dengan jodohnya, yakni Shandy Purnamasari.

Di vlog Arief Muhammad, Gilang mengatakan bahwa istrinya adalah sosok yang sangat berpengaruh terhadap dirinya. Semua kesuksesan yang dimiliki sekarang, salah satunya karena kehadiran sang istri.

Awalnya mereka masih menjalani kehidupan sederhana setelah berumah tangga. Usaha cuci motor masih ada, tapi tentu terhitung beromzet kecil untuk keluarga baru. 

Gilang dan Shandy bahkan harus bertahan dengan bujet lauk makan Rp 15.000 per hari. Gilang pun tak kehabisan akal. Ia terus belajar sambil membangun relasi. 

Perlahan, Gilang mulai membuka peluang bisnis lain. Ia melihat permintaan keset di daerahnya cukup tinggi dan mencoba memenuhi kebutuhan keset tersebut. 

Tak cuma itu, Gilang juga pernah menjadi karyawan bank swasta selepas lulus kuliah. Di sisi lain, bisnis cuci motornya semakin berkembang.

Bahkan, sampai ada investor yang tertarik mendanainya. Karena investor inilah, Gilang akhirnya bisa membuka banyak cabang di kota-kota lain se-Jawa Timur.

Ia mulai mencoba menjual produk kecantikan milik orang lain pada tahun 2013. Dengan memanfaatkan media sosial, jualannya pun laris manis.

Kerja keras Gilang dan Shandy kini sudah terbayar. Aset mereka bertebaran di mana-mana, mulai dari rumah di Malang, Surabaya, dan Kemang, ditambah koleksi mobil mewah, salah satunya Ferrari berharga Rp 12 miliar dan masih banyak lainnya.

Topik
lulusan UM arya saloka Gilang Widya Pramana crazy rich malang Sinetron Ikatan Cinta Kota Malang

Berita Lainnya