Tak Dapat Kejelasan Bergulirnya Liga, Pesepak Bola Tanah Air Surati Presiden Jokowi | Kediri TIMES

Tak Dapat Kejelasan Bergulirnya Liga, Pesepak Bola Tanah Air Surati Presiden Jokowi

Jul 30, 2021 19:13
Persik Kediri saat bertanding di Stadion Brawijaya beberapa waktu yang lalu. (ist)
Persik Kediri saat bertanding di Stadion Brawijaya beberapa waktu yang lalu. (ist)

KEDIRITIMES - Belum ada kepastian terkait bergulirnya kompetisi liga pada musim 2021 ini. Hal itulah yang membuat Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) resmi mengirim surat kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Surat tersebut dikirimkan kepada Presiden Jokowi sebagai tindak lanjut dari pertemuan seluruh pesepak bola profesional pada 23 Juli 2021. Sebagai wadah yang mewakili profesi pemain, APPI menyampaikan aspirasinya agar kompetisi sepak bola di Indonesia mendapat jalan untuk kembali digelar.

Baca Juga : BOR Capai 1.007, Kurang dari 50 Persen Dihuni Warga Kota Malang

Contohnya yang diutarakan Faris Aditama, salah satu pemain Persik Kediri. Faris mengaku dirinya bersama pesepak bola lainnya, khususnya yang bermain di kompetisi liga tanah air, berharap agar kompetisi dapat segera digelar dan sudah tidak ada lagi penundaan.

Sebagai pemain, dirinya jelas merasa rindu dengan atmosfer pertandingan yang sudah lama tak dirasakannya selama 16 bulan ini akibat pandemi covid-19. Apalagi, bila kompetisi terus mengalami penundaan, dirinya khawatir  klub akan membubarkan tim dan hal itu akan berdampak terhadap tidak adanya gaji pemain.

"Kebanyakan sepak bola menjadi mata pencaharian utama, termasuk saya pribadi. Bila nantinya tim dibubarkan karena tidak kunjung adanya kejelasan kompetisi, jelas pemain yang nantinya juga terkena imbasnya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Faris berjanji pemain akan mematuhi segala protokol kesehatan yang diberlakukan. "Kami siap mematuhi segala protokol kesehatan. Seperti kemarin contohnya, pada gelaran Piala Menpora, seluruh pemain bahkan tim sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Termasuk pemberlakuan swab. Jadi, kami benar-benar berharap agar kompetisi dapat segera digelar," ungkapnya.

Berikut petikan surat terbuka APPI yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo.

Baca Juga : Stok Vaksin Covid-19 Kota Malang Menipis, Hanya Cukup untuk Dosis Ke-2

Bapak Presiden yang kami hormati, izinkan kami para pesepakbola profesional Indonesia menyampaikan kegelisahan kami selama 16 bulan ini dikarenakan tidak adanya kompetisi sepak bola,” dikutip dari Instagram @appi.official. “Sebuah kehidupan bagi kami karena bermain sepak bola bukan hanya sekedar hobi yang dibayar. Namun merupakan sebuah profesi yang memberikan kehidupan,” sambung surat terbuka itu. APPI juga membahas tagar #kamiSiapMain yang digaungkan oleh pemain sepak bola Tanah Air di media sosial. Tagar  tersebut merupakan bentuk kesiapan mereka untuk ikut kompetisi.

Surat terbuka tersebut resmi dikirim oleh Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) kepada  Presiden Joko Widodo pada Kamis (29/7/2021).

Topik
Pemain bola profesional Indonesia Liga Indonesia Presiden Joko Widodo Surati presiden

Berita Lainnya