Peristiwa Penting 5 Juni, Tepat 49 Tahun Hari Lingkungan Hidup Sedunia Dikumandangkan | Kediri TIMES

Peristiwa Penting 5 Juni, Tepat 49 Tahun Hari Lingkungan Hidup Sedunia Dikumandangkan

Jun 05, 2021 09:00
Hari Lingkungan Hidup Sedunia (Foto: British Council)
Hari Lingkungan Hidup Sedunia (Foto: British Council)

INDONESIATIMES - Setiap tanggal 5 Juni telah diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environmental Day. Melansir melalui laman India Today, Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan salah satu agenda tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini ditetapkan untuk membangkitkan kesadaran tentang pentingnya alam dan penghijauan. Majelis PBB telah menetapkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 1972, yang merupakan hari pertama dari Konferensi Stockholm tentang lingkungan manusia. 

Baca Juga : Siap-siap! Diskon Listrik Ditiadakan Mulai Bulan Depan

Pada 1974, Hari Lingkungan Hidup dirayakan dengan tema 'Hanya Satu Bumi'. Sejak itu, berbagai negara tuan rumah telah merayakannya, dan ide untuk memutar pusat kegiatan ini pun dimulai. 

Pertama kali, Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini diperingati di Amerika Serikat pada tahun 1974. Gagasan utama di balik Hari Lingkungan Hidup Sedunia yakni untuk menyoroti pentingnya lingkungan dan mengingatkan orang-orang bahwa alam tidak boleh dianggap remeh.

Diharapkan momen ini bisa memberi orang-orang kesempatan untuk memperluas dasar bagi opini yang tercerahkan dan perilaku yang bertanggung jawab oleh komunitas, perusahaan, dan individu dalam melestarikan lingkungan. Pada tahun 2021 ini, tema dari Hari Lingkungan Hidup Sedunia yakni 'Restorasi Ekosistem'. 

Hari ini juga akan diluncurkan Dekade PBB tentang Restorasi Ekosistem. Sementara pada tahun 2020 lalu temanya ialah 'Merayakan Keanekaragaman Hayati'.

Menurut laporan World environment day, Pakistan adalah negara tuan rumah Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini. Acara utama akan berlangsung di Jinnah Convention Center,  Islamabad. 

Baca Juga : Saling Bersenggolan, 1 Pengendara Motor Meninggal Dunia Terseret Truk Puluhan Meter

Pakistan juga merayakan sejumlah tonggak sejarah, yakni penyelesaian 1 miliar pohon sebagai bagian dari 10 miliar gerakan pohon, mengambil janji sukarela besar di bawah Tantangan Bonn, Kawasan Konservasi Laut baru, dan pengumuman inovatif seputar pembiayaan Alam termasuk flotasi obligasi Hijau pertama negara itu. 

Selain itu, juga terdapat pengumuman untuk memprakarsai Aliansi Global Restorasi Ekosistem bersama dengan negara-negara mitra lain yang berkepentingan. Acara tersebut akan diresmikan oleh Perdana Menteri Imran Khan dengan partisipasi dari sejumlah pejabat di seluruh dunia termasuk, Direktur Eksekutif UNEP Inger Andersen, dan pejabat senior dari The Food and Agriculture Organization (FAO), UN-Habitat, dan UNDP antara lain serta dari pemerintah Jerman dan Arab Saudi. 

Acara ini juga akan menyuguhkan lagu dan video tentang Program Tsunami 10 Miliar Pohon Pakistan.

Topik
Hari Lingkungan Hidup melestarikan lingkungan Peristiwa penting melestarikan lingkungan

Berita Lainnya