6 Makanan Khas Lebaran yang Bikin Kangen, Udah Cobain? | Kediri TIMES

6 Makanan Khas Lebaran yang Bikin Kangen, Udah Cobain?

May 14, 2021 08:08
Ketupat (foto istimewa)
Ketupat (foto istimewa)

INDONESIATIMES- Hari Raya Idul Fitri merupakan hari raya bagi umat muslim di seluruh dunia. Dalam merayakannya, disetiap negara mempunyai tradisi dan sajian makan yang khas. Salah satunya Indonesia, yang memiliki beragam budaya. Sehingga, Indonesia juga memiliki makanan dan jananan khas tersendiri pada Hari Raya Idul Fitri.

Berikut 6 daftar makanan yang paling diminati saat lebaran, sebagai berikut.

1. Ketupat

Baca Juga : Keren! Kreasi Fashion Sulam Tangan Buatan Warga Kota Malang Ini Tembus Pasar Internasional

Sudah pasti tahu semua, makanan khas saat lebaran salah satunya adalah ketupat. Ketupat sendiri berbahan dasar beras yang dibalut dengan anyaman janur dan kemudian dikukus. Bentuknya segita dan sangat khas. Tentu, ketupat pengganti nasi saat Hari Raya Idul Fitri.

2. Opor Ayam

Nah, makanan yang satu ini sangat cocok jika dimakan dengan ketupat. Opor ayam ini merupakan makan berkuah. Kuah dengan bahan santan kelapa, serai, kencur, kunyit dan garam itu aromanya sangat khas dan meresap kedalam daging ayam. Namun, bumbu untuk membuat opor ayam bervariasi.

3. Sambal Goreng Kentang Ati

Sudah pasti setiap menu makanannya tidak komplit jika tidak ada sambalnya. Sambal ini dibuat dari kentang yang dipotong kotak-kotak kecil dan dicampur dengan ati ayam serta pete.

4. Kue Nastar

Baca Juga : Mobil Keliling Layanan Publik Disnaker-PMPTSP Kota Malang Urung Beroperasi, Apa Sebabnya?

Selain makanan berat, Kue nastar merupakan kue yang sangat disukai saat disajikan pada setiap Hari Raya Idul Fitri. Kue nastar adalah kue kering yang dibuat dari adonan tepung terigu, mentega, telur, dan vanilla. Kemudian dibentuk bulat-bulat dan didalamnya berisikan nanas. Isinya pun bervariasi sesuai selera.

5. Kastengel

Kastengel merupakan kue kering yang sangat diminati saat lebaran loh. Pembuatannya dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju. Kue ini berbetuk persegi panjang, dengan ukuran 3 cm.

6. Kue Putri Salju

Kalau kue ini sudah wajib ada saat lebaran. Kue berjenis kue kering ini juga sangat sekali diminati saat lebaran. Kue ini berbentuk bulan sabit dan ditaburi gula halus, sehingga menyerupai salju. Adonannya adalah tepung terigu, maizena, mentega, dan kuning telur. Rasanya pun enak dan gurih.

Topik
sajian makanan Idul Fitri sajian makanan

Berita Lainnya