Lindungi Aset, Desa Junjung Terbitkan Perdes Tanah Kas Desa | Kediri TIMES

Lindungi Aset, Desa Junjung Terbitkan Perdes Tanah Kas Desa

May 08, 2021 21:08
Penyerahan Perdes tanah kas desa dari BPD ke Pemerintah Desa Junjung / Foto :Istimewa / Tulungagung TIMES
Penyerahan Perdes tanah kas desa dari BPD ke Pemerintah Desa Junjung / Foto :Istimewa / Tulungagung TIMES

TULUNGAGUNGTIMES - Tanah kas desa yang sering tiba-tiba dikuasai pihak lain masih sering terjadi. Entah ada niat atau tidak hilangnya aset desa berupa tanah kas ini banyak terjadi dan menimbulkan masalah dikemudian hari.

Di Desa Junjung, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, tanah kas desa ini telah dimasukkan dalam peraturan desa (Perdes). Dengan di Perdes-kan nya tanah kas desa diharapkan akan mempermudah masyarakat mengetahui berapa jumlah atau luas tanah milik desa itu.

Baca Juga : Aturan Digodok, Bappeda Kota Malang Pastikan Peluang Lebar CSR untuk Pembangunan Daerah

"Pendataan tentang tanah kas desa, supaya warga masyarakat Junjung tahu berapa aset tanah yang di punyai pemerintah desa," kata Kepala Desa Junjung Hari Santoso, Sabtu (8/5/2021).

Tujuannya, supaya nantinya kalau akan dilakukan pengecekan tiap pergantian kepala desa dapat diketahui dengan tepat dan akurat baik luas dan kegunaannya.

"Jika akan diselenggarakan Pilkades nanti buat pencentusan musyawarah pologoro lebih mudah," ujarnya.

Selain itu, Kepala Desa Junjung ini menjelaskan tujuan di Perdes-kannya tanah kas desa ini semata-mata untuk melindungi aset desa agar tidak mudah hilang atau sengaja dihilangkan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : Lokalisasi Girun Tinggal Kenangan, Potensi PSK Mangkal Dijalan Meningkat

"Selain itu juga untuk melindungi aset tanah yang dipunyai Pemerintah Desa Junjung, dan tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak atau kelompok di kemudian hari. Kalau di jual biar masyarakat tahu," ungkapnya.

Perumusan hingga pengesahan Peraturan Desa (Perdes) tanah kas desa ini dilaksanakan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama Pemerintahan Desa Junjung atas masukan para tokoh masyarakat dan saksi-saksi sejarah serta dokumen yang ada.

Topik
perdes tanah kas desa Desa Junjung kades junjung berita kabupaten tulungagung

Berita Lainnya