Inilah Ancaman Bagi Mereka yang Tak Membayar Zakat Fitrah | Kediri TIMES

Inilah Ancaman Bagi Mereka yang Tak Membayar Zakat Fitrah

May 08, 2021 10:24
Zakat Fitrah (Foto: SINDOnews)
Zakat Fitrah (Foto: SINDOnews)

INDONESIATIMES - Zakat Fitrah merupakan kewajiban bagi seluruh kaum Muslimin. Sehingga tak ada alasan sama sekali untuk menyelisihinya.

Semetara sifat bakhil atau kikir bisa memupuk keengganan seseorang untuk membayar zakat dan hal ini tentu sangat dibenci dan diharamkan oleh Allah SWT.

Allah SWT berfirman: 

Baca Juga : Niat, Hukum, Tata Cara dan Ketentuan Pelaksanaan Mengganti Puasa Ramadan

{وَلا يَحْسَبَنَّ الَّذِينَ يَبْخَلُونَ بِمَا آتَاهُمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ هُوَ خَيْرًا لَهُمْ بَلْ هُوَ شَرٌّ لَهُمْ سَيُطَوَّقُونَ مَا بَخِلُوا بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلِلَّهِ مِيرَاثُ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ}.

Dan jangan sekali-kali orang yang kikir dengan apa yang diberikan Allah kepada mereka dari karunia-Nya, mengira bahwa (kikir) itu baik bagi mereka, padahal (kikir) itu buruk bagi mereka. Harta yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan (di lehernya) pada Hari Kiamat. Milik Allah-lah warisan (apa yang ada) di langit dan di bumi. Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan. (QS. Ali-Imran:180).

Dan ada ancaman bagi orang-orang yang enggan membayar zakatnya, Rasulullah SAW bersabda, 

«من آتاه الله مالا فلم يؤد زكاته مثل له شجاعا أقرع – وهي الحية الخالي رأسها من الشعر لكثرة سمها – مثل له شجاعا أقرع له زبيبتان يطوقه يوم القيامة يأخذ بلهزمتيه – يعني شدقيه – يقول: أنا مالك أنا كنزك» رواه البخاري

Barangsiapa yang tidak membayar zakat yang wajib atasnya, (kelak) di Hari Kiamat akan dimunculkan baginya ular jantan yang memiliki bisa yang sangat banyak. Ular tersebut akan menarik kedua tangan orang itu dan berkata kepadanya, ‘Saya ini adalah harta dan kekayaan yang telah kamu kumpulkan di dunia. (HR. Al-Bukhari).

Allah SWT mengiringi penyebutan zakat dengan salat lebih dari 80 ayat dalam Al-Qur'an. Ibnu Umar RA berkata, dari Rasulullah SAW bersabda,

Baca Juga : Mengganti Puasa Ramadan Tak Dianjurkan di Hari Jumat, Berikut Penjelasannya

« بُنِىَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسَةٍ عَلَى أَنْ يُوَحَّدَ اللَّهُ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَصِيَامِ رَمَضَانَ وَالْحَجِّ.” [رواه مسلم].

Islam itu dibangun diatas lima perkara, yaitu bersyahadat mengesakan Allah, mendirikan salat, membayar zakat, berpuasa Ramadan, dan menunaikan ibadah haji. (HR. Muslim).

Untuk diketahui, zakat fitrah dibayar saat bulan Ramadan jelang Hari Raya Idul Fitri. Zakat fitrah berarti menyucikan harta, karena dalam setiap harta manusia terdapat sebagian hak orang lain.

Oleh sebab itu, tak ada satu alasan pun bagi seorang umat muslim yang beriman, untuk tidak menunaikan zakat fitrah. Zakat fitrah hukumnya wajib ditunaikan bagi setiap muslim yang mampu, dengan besaran yang harus dikeluarkan ialah satu sha’.

Satu sha’ memiliki nilai yang sama dengan 2,5 kilogram beras, gandum, kurma, sagu, dan sebagainya, atau 3,5 liter beras yang disesuaikan dengan konsumsi perorangan sehari-hari.

Topik
zakat fitrah Rasulullah SAW hukum zakat fitrah

Berita Lainnya