Wali Kota Kediri Luncurkan Pusaka, Rangkul Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan Modern Pasarkan Produk UMKM | Kediri TIMES

Wali Kota Kediri Luncurkan Pusaka, Rangkul Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan Modern Pasarkan Produk UMKM

May 07, 2021 16:05
Pemkot Kediri memasarkan produk pelaku usaha kecil pada etalase khusus PUSAKA (Produk UMKM Asli dari Kota Kediri). (Foto: Ist)
Pemkot Kediri memasarkan produk pelaku usaha kecil pada etalase khusus PUSAKA (Produk UMKM Asli dari Kota Kediri). (Foto: Ist)

KEDIRITIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri menjalin kerjasama dengan pusat perbelanjaan dan toko swalayan modern Indomaret, Alfamart, Ace Hardware, Informa dan sejumlah swalayan lainnya untuk memasarkan produk pelaku usaha kecil pada etalase khusus Pusaka (Produk UMKM Asli dari Kota Kediri).

Kesepakatan kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh toko modern dengan UMKM Kota Kediri disaksikan oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di ruang Joyoboyo, Pemkot Kediri, Jumat (7/5/2021). 

Baca Juga : Bappeda Kota Malang Fokuskan Program Pemulihan Ekonomi Melalui Sektor UMKM

Abu Bakar mengapresiasi kolaborasi toko modern dengan UMKM Kota Kediri. “Dengan kerjasama ini, produk-produk UMKM unggulan Kota Kediri pada akhirnya bisa lebih dikenal masyarakat karena sudah terdapat di seluruh pusat perbelanjaan dan toko modern, karena akan ada etalase dengan desain khusus yang ditempatkan di lokasi strategis dan mudah dilihat konsumen,” katanya seusai peluncuran Pusaka.

Terkait filosofi penamaan Pusaka, Abu Bakar mengungkapkan alasannya. “Kenapa namanya Pusaka? Karena saya yakin UMKM ini menjadi pusaka (senjata) yang ampuh dalam menghadapi situasi pandemi. Sektor UMKM telah terbukti tahan dari guncangan ekonomi selama setahun terakhir saat dunia dilanda pandemi Covid-19,” jelas  Abu Bakar.

Abu Bakar menambahkan, dengan adanya Pusaka diharapkan masyarakat juga lebih bangga memakai dan mengkonsumsi produk asli Kota Kediri yang telah naik kelas tersebut. Pelaksanaan kemitraan Pusaka dengan toko modern ini wajib berlangsung berkelanjutan dan mengalami peningkatan setiap tahun.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Kota Kediri Moh Anang Kurniawan juga menyampaikan Pemkot Kediri dalam hal ini memberikan kemudahan penanaman modal dalam bentuk percepatan pelayanan yang diberikan berdasarkan pertimbangan bermitra dengan UMKM daerah. 

"Pusaka ini salah satu bentuk realisasinya,” ujarnya. 

Pusaka  merupakan bentuk inovasi Pemkot Kediri dalam pengembangan investasi dan peningkatan iklim usaha yang kondusif bagi penanaman modal untuk penguatan daya saing perekonomian daerah.

“Dengan kemudahan berinvestasi di Kota Kediri, imbal baliknya pusat perbelanjaan dan toko modern wajib ikut terlibat menaikkan level produk UMKM Kota Kediri dengan menjual dan memajang pada etalase khusus tematik agar mudah dikenali pembeli,” tambah Anang.

Baca Juga : Aturan Digodok, Bappeda Kota Malang Pastikan Peluang Lebar CSR untuk Pembangunan Daerah

Anang menyatakan pelaku UMKM yang akan bermitra dengan swalayan melalui Pusaka harus merupakan binaan dinas teknis terkait.

“Pusaka ini terwujud karena visi dari Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar agar UMKM Kota Kediri naik kelas. Ini strategi agar geliat UMKM yang sekarang sedang dalam trend pertumbuhan menjadi terjaga keberlanjutannya,” tutup Anang.

Pemerintah Kota Kediri untuk saat ini selain menggandeng Alfamart, Indomaret, Ace Hardware, dan Informa, juga telah bekerjasama dengan Borobudur Swalayan, Golden Swalayan dan beberapa toko retail modern di Kota Kediri.  Namun, ke depan seluruh swalayan atau toko modern di Kota Kediri wajib bermitra dengan UMKM Kota Kediri dan memajang PUSAKA di swalayan mereka.

Topik
pusaka kediri Produk UMKM Asli dari Kota Kediri Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar UMKM Kota Kediri Pusat Perbelanjaan toko swalayan modern

Berita Lainnya