Warga Meninggal Beruntun dalam Sepekan, Dua RT di Tulungagung Ini Lockdown Pasca Tracing | Kediri TIMES

Warga Meninggal Beruntun dalam Sepekan, Dua RT di Tulungagung Ini Lockdown Pasca Tracing

May 05, 2021 16:14
Warga Banyuurip Kecamatan Kalidawir saat tracing (Foto: Anang Basso/ TulungagungTIMES)
Warga Banyuurip Kecamatan Kalidawir saat tracing (Foto: Anang Basso/ TulungagungTIMES)

TULUNGAGUNGTIMES - Kejadian meninggal dunia beruntun, yakni enam orang dalam sepekan di Desa Banyuurip Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung direspon cepat Satgas Covid-19 Kecamatan Kalidawir dan Kabupaten Tulungagung. 

Dikabarkan, enam orang yang meninggal dunia itu, tiga di antaranya positif Covid-19 sehingga perlu dilakukan tracing ke kontak erat.

Baca Juga : Nekat Buka Saat Pandemi dan Ramadan, Satpol PP Bakal Tindak Tegas Cafe dan Tempat Karaoke di Tulungagung

Warga di dua RT tepatnya di Dusun Tekik Desa Banyuurip didatangkan ke kantor desa untuk ditracing. Dari 66 orang yang diperiksa, 29 di antaranya reaktif rapid antibodi.

Menurut keterangan Didik Eka, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Tulungagung ada 66 orang dilakukan rapid antibodi. Sedangkan yang dilakukan rapid antigen sebanyak 65 orang. 

"Hasilnya, dari 66 orang yang dilakukan rapid antibodi ada 29 yang reaktif dan 65 orang yang dirapid antigen seluruhnya dinyatakan negatif," jelasnya. 

Dengan hasil tracing ini, 2 RT di Dusun Tekik Desa Banyuurip ini pihak pemerintah Desa Banyuurip akan memberlakukan pengawasan dan pembatasan kegiatan bagi masyarakat yang dinyatakan reaktif. 

Baca Juga : BPJAMSOSTEK Tulungagung Sosialisasikan Program Jaminan Sosial ke Guru RA

 

"Keputusannya diberlakukan pengawasan dan pembatasan kegiatan warga. Namun ini prioritasnya bagi yang reaktif," kata Kepala Desa Banyuurip, Sugiyatno. 

Untuk mengawasi aktivitas keluar masuk juga disepakati dilakukan masyarakat sekitar secara bergiliran. Sedangkan bagi masyarakat yang hasil tracingnya reaktif Kepala Desa Banyuurip memastikan kebutuhan pangan berupa sembako akan dicukupi setidaknya hingga pemeriksaan lanjutan dinyatakan telah negatif. 

Topik
Covid 19 Tulungagung kasus positif covid19 di tulungagung

Berita Lainnya