Sederet Kontroversi Munarman yang Bikin Geger, Insiden Monas hingga Ditangkap Densus 88! | Kediri TIMES

Sederet Kontroversi Munarman yang Bikin Geger, Insiden Monas hingga Ditangkap Densus 88!

Apr 28, 2021 06:39
Munarman saat ditangkap. (Foto: Screenshoot WA)
Munarman saat ditangkap. (Foto: Screenshoot WA)

INDONESIATIMES - Eks Sekretaris Umum FPI Munarman ditangkap Densus 88 Selasa (27/4/2021) sore. Ia ditangkap atas dugaan menggerakkan orang lain untuk melakukan tindak pidana terorisme. Munarman ditangkap di kediamannya di kawasan Tangerang Selatan. 

Selama ini, salah satu pengacara Habib Rizieq ini memang dikenal penuh kontroversi. Sejumlah kontroversi pernah dilakukannya hingga membuat publik geger. Berikut rangkuman sederet kontroversi yang pernah dilakukan Munarman:

1. Rampas Kontak Sopir Taksi

Baca Juga : Trailer Final Peter Rabbit 2: The Runaway Rilis, Tampilkan Aksi Petualangan Baru Si Kelinci Nakal

Salah satu kontorversinya adalah saat merampas kunci kontak, SIM dan STNK sopir taksi Blue Bird. Peristiwa itu terjadi pada tahun 2007 lalu. Akibat perbuatannya, Munarman bahkan ditahan di Polsek Limo, Depok.

2. Bunyikan Klakson di Tengah Kemacetan

Pada 2012 lalu, Munarman sempat dikeroyok oleh dua orang. Pengeroyokan terjadi lantaran Munarman membunyikan klakson berkali-kali di tengah kemacetan saat keluar dari rumahnya di kawasan Pondok Cabe.

3. Insiden Monas

Munarman pernah ditetapkan sebagai tersangka pelaku kerusuhan di Monas, Jakarta, pada  2008 lalu. Bersama FPI, Munarman diketahui menyerang Aliansi Kebangsaan dan Kekebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB) tepat pada hari kelahiran Pancasila.

Setidaknya 12 orang dari AKKBB terluka akibat kekerasan yang dilakukan FPI. Di antara yang terluka terdapat Direktur Eksekutif International Centre for Islam and Pluralism (ICIP) Syafii Anwar, Direktur Eksekutif The Wahid Institute Achmad Suaedi, dan pemimpin Pondok Pesantren Al-Mizan KH Maman Imanul Haq Faqih dari Majalengka.

Munarman bahkan saat itu bahkan masuk dalam DPO. Dalam kasus ini, Munarman kemudian divonis bersalah dan dihukum 1 tahun 6 bulan.

4. Siram Narasumber

Tahun 2013 lalu, Munarman kembali membuat geger. Saat itu, dia menyiram muka sosiolog UI Tamrin Amagola dengan segelas teh setelah adu argumen di sebuah siaran langsung di televisi.

5. Hadiri Baiat ISIS di Makassar

Munarman juga disebut menghadiri acara baiat ISIS di Makassar. Hadirnya Munarman tersebut disampaikan oleh dua eks simpatisan FPI yang merupakan terduga teroris yang ditangkap di Makassar.

6. Membentak Jaksa

Baca Juga : Beredar Video Penangkapan Munarman, Digiring Densus 88 sampai Tak Pakai Sandal

Munarman kembali membuat heboh usai aksinya di persidangan Habib Rizieq dalam kasus kerumunan pada Maret 2021 lalu. Munarman merupakan anggota tim pengacara Habib Rizieq.

Tak cuma berdebat, bahkan Munarman juga membentak jaksa di persidangan. Kala itu, Munarman meminta jaksa diam usai pernyataannya disela.

7. Ditangkap Densus 88

Terbaru, Munarman ditangkap Densus 88 Selasa (27/4/2021). Munarman ditangkap sekitar pukul pukul 15.00 WIB di rumahnya. Ia ditangkap atas dugaan menggerakkan orang lain untuk melakukan tindak pidana terorisme.

"(Ditangkap terkait) baiat di UIN Jakarta, kemudian di Makassar, dan mengikuti baiat di Medan," jelas Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan. 

Setelah ditangkap, kabarnya Munarman akan mengajukan praperadilan. Hal ini disampaikan oleh pengacara Munarman, yakni Sugito Atmo Prawiro. 

Sugito menyampaikan,  kliennya akan membuka peluang untuk mengajukan praperadilan terkait penagkapan tersebut. "Kami komunikasi dengan tim pengacara dan keluarga Pak Munarman dulu," kata dia.

Sugito sendiri mengaku belum bertemu langsung dengan Munarman. Ia mengatakan akan membahas rencana tersebut secara langsung dengan Munarman jika sudah diizinkan bertemu. "Kalau nanti bisa bertemu dengan Pak Munarman, kami update," tambahnya.

Lebih lanjut, Sugito menyatakan tak terima atas penangkapan Munarman yang dilakukan  pihak kepolisian. Menurut dia, Munarman ditangkap melalui cara memaksa di kediamannya di wilayah Tangerang Selatan.

Topik
Munarman ditangkap Munarman eks FPI Kontroversi Munarman

Berita Lainnya