Transgender Bisa Miliki E-KTP, Begini Cara Mengurusnya! | Kediri TIMES

Transgender Bisa Miliki E-KTP, Begini Cara Mengurusnya!

Apr 25, 2021 11:08
Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI <span;>Zudan Arif Fakhrulloh. (Foto: Kemendagri.go.id)
Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI <span;>Zudan Arif Fakhrulloh. (Foto: Kemendagri.go.id)

INDONESIATIMES - Para transgender di Indonesia akan segera mendapatkan dokumen kependudukan berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk) elektronik. Hal itu setelah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil menerapkan kebijakan untuk mengakomodir para transgender mendapatkan KTP elektronik.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI Zudan Arif Fakhrulloh, dalam rapat virtual Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri RI dengan Perkumpulan Suara Kita mengatakan, upaya pengakomodiran dokumen kependudukan untuk para transgender dilakukan. Karena selama ini para transgender tidak memiliki dokumen kependudukan.

Baca Juga : Sinopsis Ikatan Cinta RCTI 25 April: Ingin Bongkar Kedok Elsa, Andin Malah Diculik Supir Taksi

"Dukcapil seluruh Indonesia akan membantu teman-teman transgender untuk mendapatkan dokumen kependudukan," ungkapnya dalam keterangan pers Pusat Penerangan Kemendagri RI, Sabtu (24/4/2021).

Lanjut Zudan, jika telah melalui proses perekaman data di Kantor Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil di masing-masing daerah, maka langkah awal harus melakukan verifikasi nama asli terlebih dahulu.

"Bagi yang sudah merekam data, caranya harus diverifikasi dengan nama asli dulu. Pendataannya tidak harus semua ke Jakarta. Di daerah masing-masing juga bisa dibantu oleh Dinas Dukcapil setempat. Termasuk untuk dibuatkan KTP elektronik sesuai dengan alamat asalnya," terangnya.

Zudan menuturkan bahwa pihaknya juga telah menunjuk pejabat pelaksana untuk membantu sepenuhnya mengkoordinasi para transgender dalam mengurus dokumen kependudukannya agar lebih mudah.

Untuk sementara ini, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI telah mengumpulkan data para transgender sebanyak 112 orang yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) yang sama sekali belum memiliki dokumen kependudukan. Data tersebut akan dihimpun dan diakomodir oleh Kemendagri RI berupa pembuatan dokumen kependudukan.

Lebih lanjut, transgender yang sudah pernah terdata dan memiliki KTP lama, Dirjen Kependudukan dn Pencatatan Sipil Kemendagri RI akan melakukan verifikasi data tersebut di database. Nantinya jika data tersebut cocok, pihak Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI akan mencetakkan KTP elektronik terbaru untuk mereka.

Sedangkan untuk pengurusan surat pindah dan akta kelahiran, disampaikan Zudan bahwa dapat diurus secara online atau melalui nomor WhatsApp di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di masing-masing daerah setempat.

Baca Juga : Awas Tertipu, Sederet Wajah Tampan dan Cantik di Media Sosial ini Ternyata Tak Ada Wujudnya di Dunia Nyata

"Yang penting kita koordinasi agar diberikan kemudahan. Data 112 orang sudah terkumpul bisa di WA ke saya," katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perkumpulan Suara Kita Hartoyo mengatakan, bahwa banyak transgender yang tidak memiliki dokumen kependudukan seperti KTP elektronik, Kartu Keluarga dan akta kelahiran.

"Kawan-kawan transgender ini masih kerap menemui hambatan ketika mengurus layanan publik, terutama terkait administrasi kependudukan. Mungkin karena miskin dan minder, malu, atau hambatan lainnya," ujarnya.

Akibatnya, menurut Hartoyo para transgender kesulitan mengakses beberapa layanan publik seperti di bidang kesehatan berupa mengurus BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan, mendapat bantuan sosial dan lain-lain.

"Akibatnya, mereka kesulitan mengurus pelayanan publik lain, seperti BPJS-Kesehatan, atau sulit mendapat akses bansos. Padahal banyak di antaranya yang hidup miskin sebagai pengamen dan profesi lainnya," tutupnya.

Topik
transgender e ktp transgender Kementerian Dalam Negeri Dokumen Kependudukan

Berita Lainnya