Waspada Ledakan Kasus Positif Covid-19 di Momen Lebaran, Pemkot Kediri Beri Imbauan ini! | Kediri TIMES

Waspada Ledakan Kasus Positif Covid-19 di Momen Lebaran, Pemkot Kediri Beri Imbauan ini!

Apr 24, 2021 16:40
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kediri, dr. Fazan Adima. (Foto: Ist)
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kediri, dr. Fazan Adima. (Foto: Ist)

KEDIRITIMES - Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Kediri kian melandai. Dari data terbaru Pemerintah Kota Kediri, tercatat hanya ada 4 pasien aktif positif covid-19 yang kini masih dalam masa perawatan medis.

Meski demikian, Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri mengimbau kepada masyarakat senantiasa waspada terhadap penyebaran Virus Covid-19. Terlebih saat ini mendekati masa libur lebaran atau Idul Fitri.

Baca Juga : Bisnis Rumahan Krecek Uyel Kediri di Ini Sehari Produksi 3 Ton

Imbauan ini terus disuarakan oleh Pemerintah Kota Kediri untuk mengantisipasi adanya peningkatan kasus seperti negara-negara Asia dan Amerika Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kediri, Fauzan Adima menjelaskan, sejak awal Maret kemarin, kurva kasus aktif atau penderita Covid-19 yang  tengah dilakukan perawatan di Rumah Sakit (RS) menurun. Dari Maret sampai pertengahan April ini tertinggi hanya ada 10 orang saja yang dirawat.

Kendati demikian, masyarakat masih perlu waspada karena peningkatan masih bisa terjadi jika protokol kesehatan diabaikan. “Seperti kasus di India, terjadi sebuah ledakan kasus karena adanya ritual yang mengakibatkan banyak orang berkerumun. 

"Pemerintah mulai dari pusat hingga daerah berharap hal tersebut tidak terjadi,” katanya.

Meski vaksinasi sudah mulai gencar dilakukan, menurut Fauzan tidak menjamin penularan bisa dihentikan. Sebab masih belum memenuhi 70 persen untuk membentuk kekebalan komunal.

“Protokol kesehatan harus tetap dijaga karena vaksinasi sendiri merupakan upaya untuk melatih kekebalan terhadap Covid-19. Di India itu meski vaksinasi sudah dilakukan ketika abai protokol kesehatan tetap mengalami ledakan penularan,” imbuhnya.

Baca Juga : Angka Covid Terus Turun, Pemkot Batu Jalankan PPKM Tahap VI

Pemutakhiran data terakhir di laman corona.kediri.go.id mecatatkan ada sebanyak 1.337 orang tertular, 1191 orang sembuh, dan 142 meninggal dunia. Catatan tersebut cukup baik, tapi untuk kasus kematian di Kota Kediri cukup tinggi yakni, 10,72 persen.

Sementara itu, melalui kejadian yang terjadi di luar negeri, Fauzan berharap masyarakat tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan. Mulai mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas selama ramadan.

“Larangan mudik juga telah disampaikan pemerintah pusat, kami harap warga mematuhi edaran tersebut,” pungkasnya.

Topik
Kasus Covid 19 Vaksinasi Kota Kediri Berita Jatim

Berita Lainnya