Heboh Isu Reshuffle Kabinet, Jokowi Bakal Copot Moeldoko atau Tidak? | Kediri TIMES

Heboh Isu Reshuffle Kabinet, Jokowi Bakal Copot Moeldoko atau Tidak?

Apr 14, 2021 15:29
Jokowi dan Moeldoko (Foto: Oposisi Cerdas)
Jokowi dan Moeldoko (Foto: Oposisi Cerdas)

INDONESIATIMES- Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin kini kembali mencuat. BahkanJokowi dan Ma'ruf disebut telah berbicara mengenai perombakan kabinet ini.  

Mendengar kabar ini, tak heran jika publik banyak yang bertanya-tanya siapa menteri yang akan diganti. Selain itu juga muncul pertanyaan apakah Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko yang sempat bermanuver di KLB Parta Demokrat juga akan dicopot?  

Baca Juga : Tambak Udang Dinilai Tak Menopang Perekonomian Masyarakat Sumenep

Momentum reshuffle kabinet ini juga diperjelas dengan rencana pelantikan Mendikbud-Ristek dan Menteri Investasi yang sudah disetujui pembentukannya di DPR. Diketahui, setelah kepengurusan hasil KLB PD ditolak oleh Kemenkum HAM, sejumlah pihak mendorong agar Jokowi mereshuffle, sebagai pembuktian bahwa RI 1 tak pernah merestui upaya kudeta Partai Demokrat tersebut.

Pakar politik dari Lembaga Survei Indonesia Djayadi Hanan menilai jika bisa saja Jokowi akan mereshuffle Moeldoko.

"Bisa jadi Presiden memberi endorsement, cuma karena sudah negatif ya seperti sekarang ini.  Cara mainnya (Moeldoko) kurang halus sehingga malah terdepak. Lucunya Pak Moeldoko juga kalau mau men-challenge keputusan Menkum HAM juga dia kan di kabinet," kata Djayadi.  

Di sisi lain, ia juga mengatakan jika seandainya langkah Moeldoko halus mulus menguasai Partai Demokrat mungkin ceritanya akan lain. Karena manuver yang kurang smooth itu, kata Djayadi manuver Moeldoko mengakibatkan persepsi negatif publik terhadap Jokowi.  

"Kalau Presiden memberikan hukuman atau peringatan itu juga akan jadi pesan kepada yang lain bahwa selama 2 tahun ke depan ya anggota kabinet harus fokus di kinerjanya," cetusnya.

Baca Juga : Sinopsis Ikatan Cinta RCTI 14 April 2021, Surya Geram ke Elsa, Minta Riky Datang ke Rumah

Di sisi lain, melalui akun Twitternya, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin, menyebut jika Jokowi akan melantik 2 menteri baru dalam waktu dekat.  Namun Ngabalin tak mengetahui pasti apakah ada menteri baru lain yang juga akan dilantik.

"Presiden Insya Allah akan melantik menteri baru (1) Menteri Dikbud/Ristek (2) Menteri Investasi/Kepala BKPM. Adakah menteri-menteri lain yang akan dilantik, kapan & siapa para beliau itu? Wallahu'alam bisshowaab itu hak prerogatif Presiden & kita tunggu saja. #KabinetIndonesiaMaju," tulis Ngabalin Rabu (14/3/2021). 

Topik
isu reshuffle Presiden Jokowi moeldoko Lembaga survei Indonesia

Berita Lainnya