Tambah Pahala, Berikut 7 Amalan Jelang Bulan Ramadan! | Kediri TIMES

Tambah Pahala, Berikut 7 Amalan Jelang Bulan Ramadan!

Apr 09, 2021 10:54
Ramadan (Foto:  PAUD IT Al Hasanah)
Ramadan (Foto: PAUD IT Al Hasanah)

INDONESIATIMES-  Bulan Ramadan 1442 H kini sudah di depan mata. Di bulan Ramadan, seluruh umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa.  

Bulan Ramadan ini tentunya menjadi bulan yang paling dinantikan oleh umat Islam. Di dalamnya terdapat rahmat dan pengampunan bagi orang yang bersungguh-sunggu melaksanakan ibadah.

Baca Juga : Dilakukan Bertahap, Simulasi Sekolah Tatap Muka di Kota Malang Dimulai Pekan Depan

Untuk menyambut bulan Ramadan atau puasa, umat Islam dianjurkan untuk mempersiapkan diri dengan memperbanyak amalan untuk menyambutnya. Dengan amalan-amalan tersebut pastinya akan menambah pahala.  

Lantas apa saja amalan yang bisa dilakukan jelang bulan suci Ramadan? Berikut ulasannya.

1. Mempersiapkan niat

Hal pertama yang harus dipersiapkan yakni rohani. Hendakanya kita menata niat untuk ibadah dengan sebaik-baiknya dan bertobat dari kesalahan masa lalu.  

Lantaran dengan persiapan rohani dan niat yang baik, harapannya saat masuk bulan Ramadan kita sudah siap dan bisa menjalankan ibadah dengan khusyuk, tenang dan iklas.  

2. Ibadah sunah

Diriwayatkan oleh Rasulullah SAW, beliau kerap melakukan ibadah sunah yang bernilai kebajikan untuk menyambut bulan puasa. Bahkan, hal itu juga disebutkan dalam salah 1 hadis jika Rasulullah banyak berpuasa di bulan Sya'ban selain puasa wajib.

"Rasulullah SAW biasa mengerjakan puasa sehingga kami berpendapat bahwa beliau tidak berpuasa, dan beliau biasa tidak berpuasa, sehingga kami berpendapat bahwa beliau tidak pernah berpuasa. Akan tetapi aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW berpuasa sebulan penuh, kecuali pada bulan Ramadan, dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa daripada puasa di bulan Sya'ban," (HR. Bukhari, 1833, Muslim 1956).

3. Saling bermaafan

Meminta maaf dan memaafkan merupakan perbuatan yang disyariatkan dalam Islam. Tradisi ini layaknya kewajiban yang harus dilakukan terutama bagi mereka yang pernah melakukan salah terhadap orang lain.

Hal ini sesuai dengan tujuan berpuasa, yakni untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

4. Ziarah kubur

Baca Juga : Sidang Isbat Digelar 12 April untuk Tentukan Awal Puasa 1442 H

Ziarah kubur juga menjadi salah satu amalan jelang bulan Ramadan. Bahkan, ziarah ke makam telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW, karena mengingat ada banyak sekali hikmah di dalamnya.  

Melansir melalui Nu Online, himkah ziarah kubur yakni mengingatkan akan kematian dan kehidupan akhirat. Dengan berziarah kubur dapat meningkatkan kezuhudan mengenai berbagai hal kehidupan di dunia.

5. Bersih-bersih

Umat Islam disunahkan untuk mandi keramas 1 hari sebelum puasa Ramadan. Hal ini bertujuan untuk membersihkan diri sebelum memasuki bulan suci.

Selain itu, juga dianjurkan membersihkan tempat-ibadah di rumah, pakaian, alat salat, maupun tempat ibadah seperti masjid atau musala agar ibadah selama Ramadan menjadi lebih nyaman dan khusyuk.

6. Banyak doa dan zikir

Alangkah baiknya, untuk menyambut bulan Ramadan kita lebih banyak berdoa dan zikir. Doa dan zikir menjadi 2 ikhtiar batin agar umat muslim yang mengamalkannya lebih siap dengan kedatangan bulan Ramadan. Selain itu, hidupnya juga diliputi kebaikan dan dijanjikan pahala yang melimpah.

7. Bayar utang puasa

Mereka yang meninggalkan puasa wajib untuk mengganti atau mengqadha di luar bulan Ramadan.

Biasanya utang puasa dimiliki oleh perempuan yang haid, hamil, menyusui, orang tua dan yang sakit. Tak ada ketentuan khusus mengenai batas waktu mengganti puasa, asalkan dapat melunasi kewajiban itu sebelum bulan Ramadan berikutnya.

Topik
amalan ramadan bulan Ramadan bulan puasa ibadah sunah Rasulullah SAW

Berita Lainnya