DLHKP Terus Lakukan Perawatan RTH, Meski Satu Tahun Tutup Akibat Pandemi | Kediri TIMES

DLHKP Terus Lakukan Perawatan RTH, Meski Satu Tahun Tutup Akibat Pandemi

Apr 05, 2021 18:27
RTH Hutan Joyoboyo Kota Kediri. (Eko Arif S/ JatimTIMES)
RTH Hutan Joyoboyo Kota Kediri. (Eko Arif S/ JatimTIMES)

KEDIRITIMES - Sudah satu tahun ini kondisi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Kediri Jawa Timur ditutup total tanpa adanya aktivitas lalu lalang masyarakat yang berkunjung di lokasi tersebut. Hal itu disebabkan seiring merebaknya pandemi Covid-19 melanda Tanah Air.

Penutupan total tanpa adanya aktivitas pengunjung yang berdatangan bukan berarti kondisi RTH mati suri. Melainkan RTH tersebut terus dilakukan perawatan secara rutin oleh DLHKP Kota Kediri. Sehingga kondisi RTH senantiasa bersih dan asri.

Baca Juga : Buka Musyarawah Seniman Kabupaten Malang, Bupati: Kita Ingin Setara dengan Bali

Seperti yang diutarakan oleh Didik Catur, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri mengatakan, kondisi RTH di Kota Kediri dalam kondisi baik. Perihal ini seiring adanya perawatan rutin dari DLHKP.

Didik Catur Mengatakan, perawatan rutin yang dilakukan tersebut di antaranya melakukan penyiraman hingga pemotongan pohon yang disinyalir telah berusia tua dan rawan roboh.

"Tak hanya itu, sebenarnya petugas biasanya melakukan pengecekan dan melihat mana tanaman-tanaman yang sudah layu langsung diambil dan diganti yang baru. Aktivitas itu terus kita lakukan untuk menjaga kebersihan dan keasrian taman di sepanjang wilayah Kota Kediri," katanya kepada Jatim Times.com, saat ditemui di ruang kerjanya pada Senin, 5 April 2021.

Sementara itu, saat disinggung mengenai kapan RTH ini akan dibuka, Didik Catur mengaku hingga detik ini dirinya masih belum dengan mengetahui terkait arahan tersebut.

"Jadi terkait kapan RTH ini dibuka, kami dari DLHKP masih belum menerima petunjuk itu. Tentunya, bila membicarakan dibukanya RTH ini perlu adanya pertemuan dari masing-masing dinas terkait termasuk Satgas Covid-19" ucapnya.

"Sebab, keputusan itu perlu adanya perhitungan yang matang terutama melihat kondisi tingkat kerawanan Kota Kediri terhadap penyebaran Covid-19," ungkapnya.

Baca Juga : Tak Terurus, Dewan Minta Pemkot Malang Benahi Fasilitas Hutan Malabar

Diketahui, seiring hunian penduduk kian padat di Kota Kediri, tak banyak ruang yang tersisa di permukiman-permukiman yang semakin hari kian sesak. Ruang terbuka pun kini menjadi kebutuhan mendesak.

Bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri menyediakan ruang terbuka hijau bukan sekadar pemanis wajah kota saja. Menyediakan area khusus dengan aneka tanaman dan ruang untuk berinteraksiĀ bagi warga kota adalah suatu kewajiban. Dan perihal ini sesuai dengan amanat UU RI Nomor 26 Tahun 2007.

Di mana undang-undang tersebut mengatur segala hal terkait RTH. Mengaturnya secara spesifik. Mulai batas luas minimal yang menjadikan satu RTH dianggap proposional.

Sedangkan ada sejumlah RTH di Kota Kediri yang telah berdiri di antaranya Hutan Joyoboyo, Taman Memorial Park, Taman Sekartaji, Taman Brantas, hingga Alun-alun Kota Kediri.

Topik
RTH kediri Pemkot Kediri

Berita Lainnya