Berstatus Zona Hijau, Wabup Blitar Puji Kinerja Satgas Covid-19 Desa Balerejo | Kediri TIMES

Berstatus Zona Hijau, Wabup Blitar Puji Kinerja Satgas Covid-19 Desa Balerejo

Apr 05, 2021 13:54
Kedatangan Wabup Blitar Rahmat Santoso di Desa Balerejo disambut sejumlah pelajar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Kedatangan Wabup Blitar Rahmat Santoso di Desa Balerejo disambut sejumlah pelajar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

BLITARTIMES - Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso melaksanakan kunjungan kerja ke Desa Balerejo,Kecamatan Wlingi, Senin (5/4/2021). 

Kunjungan kali ini dalam rangka monitoring dan pembinaan Satgas Covid-19 di Desa Balerejo. 

Baca Juga : Tak Terurus, Dewan Minta Pemkot Malang Benahi Fasilitas Hutan Malabar 

 

Kegiatan monitoring dan pembinaan dilaksanakan untuk mengendalikan dan menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Blitar. 

Dalam kesempatan ini Rahmat memberikan motivasi kepada satgas di tingkat desa. Diantaranya, mendekati bulan Ramadan ini Satgas Covid-19 diminta aktif memantau perkembangan Covid-19 di tingkat desa. Satgas juga diminta aktif memberikan edukasi 5 M kepada masyarakat. 

“Tujuan kita melaksanakan kegiatan monitoring ini adalah untuk melihat sejauh mana upaya-upaya yang dilakukan untuk membantu mendukung Pemda dalam memutus mata rantai Covid-19. Kita juga beri pembinaan agar kinerja Satgas tingkat desa semakin optimal dalam pengendalian Covid-19," ungkap Rahmat Santoso. 

Dikatakannya, di Kabupaten Blitar telah terbentuk 220 Posko Desa dan 28 Posko Kelurahan. Artinya, di Kabupaten Blitar telah tebentuk 100 persen posko Satgas Covid-19 di tingkat desa/kelurahan. 

Posko yang telah terbentuk merupakan kepanjangan tangan dari Pemerintah Daerah dalam penanganan dan pencegahan Covid-19. Posko tersebut juga berfungsi untuk pembinaan dan edukasi kepada masyarakat. 

Posko juga berfungsi menyiapkan sarana dan prasarana pendukung untuk penanganan Covid-19. 

“Mengingat pentingnya tugas dan fungsi Satgas Covid-19 di tingkat desa, maka kami selaku Satgas Covid-19 tingkat Kabupaten merasa perlu untuk melakukan pendampingan dalam bentuk monitoring dan pembinaan. Kegiatan monitoring dan pembinaan ini guna memantau dan mengoptimalkan fungsi posko Covid-19 tingkat desa yang telah terbentuk,” tegas orang nomor dua di Kabupaten Blitar. 

Dalam kunjunganya kali ini, Rahmat memberikan pujian terhadap kiprah dan kinerja Satgas Covid-19 di Desa Balerejo. 

Baca Juga : Tutor Kampung Inggris Ajak Anak-Anak Belajar Bahasa Bernuansa Alam 

 

Berdasarakan laporan dari kepala desa, hingga saat ini Desa Balerejo menjadi salah satu desa di Kabupaten Blitar yang berstatus zona hijau. 

“Pak Kepala Desa tadi menyampaikan kasus Covid-19 di Desa Balerejo ini nol. Nah, artinya seluruh program pemerintah dijalankan dengan baik dan benar,” tukasnya.

Lebih lanjut Rahmat menyampaikan, dirinya dan Bupati Blitar Rini Syarifah berharap kasus Covid-19 segera selesai agar masyarakat bisa hidup normal dan pembangunan di segala bidang kembali berjalan. 

Penanganan Covid-19 dilakukan semaksimal mungkin oleh Pemkab Blitar. Dalam menangani kasus Covid-19, Pemkab Blitar berpedoman pada petunjuk yang disampaikan pemerintah pusat. 

“Kasus Covid-19 ini kan bukan hanya di Kabupaten Blitar, tapi melanda nasional dan seluruh dunia. Namun kita juga berupaya menekan kasus Covid-19 seoptimal mungkin. Dalam menangani Covid-19, kita berpedoman pada petunjuk dan arahan pemerintah pusat,” pungkasnya.



 

Topik
wabup blitar desa balerejo zona hijau Satgas Covid 19 monitoring covid 19

Berita Lainnya