Pastikan Prokes, Bupati Trenggalek Sidak TPS Pilkades | Kediri TIMES

Pastikan Prokes, Bupati Trenggalek Sidak TPS Pilkades

Apr 03, 2021 16:30
Bupati Trenggalek menanyai beberapa panitia di salah satu TPS penyelenggara Pilkades
Bupati Trenggalek menanyai beberapa panitia di salah satu TPS penyelenggara Pilkades

TRENGGALEKTIMES - Pastikan tidak ada kendala dalam proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 ini, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin lakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa tempat pemungutan suara (TPS), Kamis (3/4/2021).

Menurut Arifin, kegiatan yang ia lakukan kali ini untuk mengetahui sejauh mana penerapan protokol kesehatan (prokes) dalam proses pemilihan kepala desa. Menurutnya, jangan sampai ada penularan Covid-19 saat pilkades berlangsung.

Baca Juga : Harlah Ke-71 Fatayat Kota Madiun Dimeriahkan Marawis FaQoMa dan Launching Kuliner

"Alhamdulillah, semua sudah terselenggara dengan baik sampai saat ini. Kami berharap, dari 142 TPS bisa berjalan lancar sesuai tahapan dan tidak ada klaster penularan Covid-19," ucapnya saat meninjau TPS 3 Desa Nglongsor, Tugu, Trenggalek.

Arifin juga memuji penyiapan prokes di TPS yang ia kunjungi. Menurutnya, pemilihan di TPS tersebut sudah memtuhi standar prokes. Bahkan panitia juga memberikan jadwal untuk masyarakat yang memiliki hak suara.

"Penerapannya sudah bagus, tadi kami amati panitia mengecek suhu tubuh pemilih sebelum masuk ke area TPS. Calon pemilih juga diwajibkan mencuci tangan dan gunakan sarung tangan plastik. Bahkan agar tidak ada penumpukan, kedatangan pemilih juga dijadwal," paparnya.

Sementara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pria yang kerap di panggil Gus Ipin ini menjelaskan, bahwa semua proses dari mulai perhitungan sampai selesai akan terus dikawal.

"Agar suasana tetap kondusif, nanti kami akan terus kawal agar tetap aman. Khususnya aman dari Covid-19 dan dari konflik sosial yang biasa muncul saat perhitungan suara," sambungnya.

Diakhir penjelasannya, Arifin berharap kepala desa yang terpilih amanah dan bisa membawa pemerintah desa ke arah yang lebih baik dari tahun ketahun. Artinya, maju tidaknya sebuah wilayah dalam lingkup desa bisa jadi gambaran siapa pemimpinnya.

Baca Juga : Petulo Ibu Martin, Hampir Tiap Harii Ludes di Pasar Tradisional

“Karena kades nanti kebanyakan tugasnya melakukan pembinaan di masyarakat. Bagaimana mengubah perilaku, menyemangati rakyat untuk gotong royong. Kalau tidak ada dukungan dan kecintaan dari rakyat tentu akan sulit terlaksana,” terangnya.

Terakhir, Arifin juga berpesan kepada kepala desa yang terpilih nanti bisa bersinergi dalam mewujudkan visi-misi Kabupaten Trenggalek yakni Trenggalek Meroket.

"Mari wujudkan Trenggalek yang lebih baik, dengan terus bersinergi dan selaraskan program yang kita miliki. Kita harus bisa membawa perubahan yang baik ke depannya," pungkas Arifin.

 

Topik
Bupati Trenggalek sidak tps tps pilkades Pilkades di Trenggalek Protokol Kesehatan berita kabupaten trenggalek

Berita Lainnya