Ajak Toyota Kolaborasi, Tesla Bakal Buat SUV Listrik Harga 360 Jutaan | Kediri TIMES

Ajak Toyota Kolaborasi, Tesla Bakal Buat SUV Listrik Harga 360 Jutaan

Apr 01, 2021 10:04
Tesla (Foto: newmoney)
Tesla (Foto: newmoney)

INDONESIATIMES- Salah satu produsen otomotif raksasa dunia yakni Tesla disebut akan segera memproduksi SUV kompak bertenaga listrik. Kabarnya, Tesla akan bekerjasama dengan Toyota dalam pengembangan produk terbarunya ini.

Melansir melalui Electrive, SUV listrik Tesla ini akan dijual dengan harga murah. Sementara pembicaraan antara Tesla dan Toyota sudah dimulai sejak tahun lalu.  

Baca Juga : HUT ke 107 Kota Malang, Sutiaji: Pencapaian Kota Malang untuk Masyarakat

Kini keduanya sudah mencapai fase akhir negosiasi. Menurut laporan dari Elctrive, kolaborasi ini akan membuat 2 produsen otomotif tersebut kebagian tugas dan tanggung jawab yang berbeda.  

Tesla akan memproduksi perangkat lunak, baterai dan komponen elektronik lainnya. Sementara Toyota akan membuat desain mobil listrik tersebut. 

Spekulasi itu muncul seiring rencana Tesla yang akan menjual mobil listrik murah dengan harga USD 25.000 atau sekitar Rp 360 juta pada 2023 mendatang. Kendati demikian, sejumlah ahli berpendapat jika Tesla akan kesulitan menjual mobil murahnya itu.  

Sedangkan, di sisi lain pihak Toyota ingin menghemat sumber daya dan waktu dalam melakukan inovasi komponen ECU dan sistem operasi perangkat lunak. Toyota mengevaluasi jika teknologi ECU dan sistem operasi yang mereka miliki masih tertinggal dari Tesla.

Jika aliansi itu terwujud, nantinya Toyota akan bisa mendapatkan sejumlah fitur teknologi canggih yang digunakan di mobil Tesla. Begitu juga dengan Tesla yang akan bisa mengembangkan mobil listrik murahnya berkat bantuan dari Toyota.

Baca Juga : Terima Rekomendasi DPRD, Wali Kota Kediri Janji Upayakan Pelayanan secara Maksimal

Sebelum proyek ini, Tesla dan Toyota sudah pernah bekerja sama pada tahun 2010 lalu. Kala itu, keduanya mengembangkan mobil listrik Toyota RAV4 yang didukung sistem baterai dari Tesla.

Sayangnya saat diluncurkan pada 2012, mobil tersebut kurang banyak diminati dan penjualan terus menurun. 

Topik
SUV listrik tesla mobil listrik murah mobil listrik Tesla Toyota dunia otomotif

Berita Lainnya