Pemkot Kediri Usulkan Rumusan Produk Hukum Daerah ke BPIP RI | Kediri TIMES

Pemkot Kediri Usulkan Rumusan Produk Hukum Daerah ke BPIP RI

Mar 31, 2021 18:18
Usulan tersebut disampaikan dalam rapat virtual yang digelar oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI), Selasa, (30/3/2021). (Foto: Ist)
Usulan tersebut disampaikan dalam rapat virtual yang digelar oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI), Selasa, (30/3/2021). (Foto: Ist)

KEDIRITIMES - Pancasila sebagai dasar negara memiliki peranan penting dalam setiap aspek kehidupan, baik itu pemerintahan, sosial, ekonomi, hingga kebudayaan. 

Melihat urgensitas tersebut, Pemerintah Kota Kediri berkomitmen bersama dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) menginternalisasi nilai luhur Pancasila.

Baca Juga : Kubu Moeldoko Ditolak, AHY: Artinya Tidak Ada Dualisme di Tubuh Partai Demokrat!

Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Kediri Edi Darmasto, mengusulkan sejumlah rumusan terkait internalisasi nilai-nilai luhur Pancasila pada produk hukum daerah. 

Usulan tersebut disampaikan dalam rapat virtual yang digelar oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI), Selasa, (30/3/2021) kemarin.

“Saya berharap produk-produk hukum yang ada di daerah supaya lebih bisa menginternalisasi nilai-nilai luhur Pancasila. Untuk itu diperlukan beberapa upaya-upaya yang sistematis,”terang Edi.

Ia mengatakan, upaya-upaya tersebut meliputi tiga hal penting. Diantaranya, perlu adanya pedoman nilai-nilai Pancasila yang akan diterapkan pada produk hukum daerah yang dirumuskan oleh BPIP, peningkatan nilai luhur Pancasila ke ASN dan DPR yang dikemas dalam kegiatan yang kreatif dan inovatif terutama untuk generasi milenial.

“Di samping itu saya miris dengan fenomena yang ada di media sosial yang mana masih banyak yang tidak hafal Pancasila. Jadi perlu ada kiat-kiat khusus  yang inovatif dan kreatif untuk menarik minat para millennial dan generasi Z meneladani nilai-nilai luhur Pancasila,” pungkas Edi.

Hal tersebut direspon baik oleh BPIP. Fachrur Direktur Pengendalian mengonfirmasi bahwa saat ini pihaknya sedang mempersiapkan sebuah program yang sejalan dengan kebutuhan generasi Millenial.

“Kami telah sepakat membuat beberapa program yang berbasis generasi millennial, diantaranya seperti bimtek untuk generasi muda yang berpotensi melakukan kegiatan positif di media sosial dengan kemasan yang lebih kekinian,” jelasnya.

Baca Juga : PT KAI Tunjuk Stasiun Blitar Layani Pemeriksaan GeNose C19

Sementara itu, APEKSI juga berkomitmen merumuskan edukasi dan saluran komunikasi terkini, sehingga internalisasi nilai-nilai luhur Pancasila dapat terpublikasikan dan diteladani dengan baik.

 

 

 

Topik
Pancasila Pemkot Kediri internalisasi pancasila

Berita Lainnya