Ramai Bahas Suntik Payudara, Dinkes Pastikan Tak Ada Klinik Kecantikan di Tulungagung | Kediri TIMES

Ramai Bahas Suntik Payudara, Dinkes Pastikan Tak Ada Klinik Kecantikan di Tulungagung

Mar 22, 2021 12:48
Ilustrasi, net
Ilustrasi, net

TULUNGAGUNGTIMES - Derita yang dialami artis Monica Indah yang gagal menggunakan filler payudara dan berakibat menjadi rusak dan bolong perlu di waspadai kaum hawa lainnya. 

Pasalnya, tindakan filler payudara memiliki banyak risiko untuk tubuh. Tindakan ini sering diambil menjadi pilihan terakhir jika implan dan injeksi lemak tak bisa dilakukan.

Baca Juga : Masih Bernuansa Punk Rock, The Brandals Luncurkan Single Belum Padam 

 

Sebenarnya, filler payudara ini menurut berbagai referensi boleh dilakukan, kecuali pada kondisi tertentu seperti tidak mungkin implan dan tidak punya lemak tubuh.

Selain itu, filler payudara juga dinilai memiliki sejumlah risiko dan bahaya. Filler payudara berisiko menyebabkan infeksi, terbentuknya nodul, bahkan kematian karena penyumbatan pembuluh darah atau emboli.

Klinik kecantikan banyak yang menawarkan pola pembesaran instan ini, jika tidak hati-hati pasien bukan bertambah seksi dan menarik namun akan menjadi rusak dan berbuah penyesalan.

"Namanya trend kecantikan ini menjadi kebutuhan, mulai pemutih, suntik botox sampai filler ini memang banyak dicari karena ingin tampil cantik," kata Rita, penjual kosmetik online saat dihubungi.

Reseller yang hanya menjual produk resmi ini mengaku sering mendapat pertanyaan bahkan pesanan tentang alat kecantikan model filler dan botox. Bahkan, pelanggan sering menanyakan produk pemutih ilegal yang tidak memiliki izin BPOM.

"Karena saya tak ingin kena masalah, hal seperti itu tidak saya layani," cerita Rita.

Di Tulungagung sendiri, menurut data di Dinas Kesehatan semua klinik kecantikan telah dinyatakan berizin. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung dr Kasil Rokhmad, Senin (22/3/2021) saat dihubungi Tulungagung TIMES.

"Semua klinik di Tulungagung berizin," kata Kasil.

Baca Juga : Temukan Harga Termurah di Shopee Murah Lebay, Murahnya Lebay Banget! 

 

Jika ada masyarakat mengetahui ada klinik tak berizin atau praktek secara sembunyi-sembunyi, Kasil meminta aga menginformasikan ke pihaknya.

"Yang tak berizin alias sembunyi-sembunyi minta tolong kami dikasih data kalau ada," jelasnya.

Di Tulungagung sendiri hingga saat ini menurut Kasil tidak ada klinik kecantikan. Ditambahkan oleh Kepala Dinas Kesehatan ini, tidak ada izin khusus klinik kecantikan, yang ada adalah Klinik pengobatan.  

"Tidak ada kewenangan klinik kecantikan yang tidak ada dokter bedah plastik nya melakukan tindakan tersebut, yang ada dokter bedah plastiknya adalah poliklinik estetika di RSUD dr Iskak atau bisa juga di poliklinik eksekutif RSUD dr Iskak Tulungagung," pungkasnya

 

Topik
suntik payudara risiko suntik payudara dinkes kabupaten tulungagung kosmetik online

Berita Lainnya