Bupati Trenggalek Dorong Pengusaha Perempuan UMKM Bisa Naik Kelas | Kediri TIMES

Bupati Trenggalek Dorong Pengusaha Perempuan UMKM Bisa Naik Kelas

Mar 16, 2021 19:18
Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin saat beri pengarahan pada peserta pelatihan
Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin saat beri pengarahan pada peserta pelatihan

TRENGGALEKTIMES - Sukseskan program 5 ribu pengusaha baru di setiap tahunnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek memberikan pelatihan bisnis dan pengembangan usaha untuk 100 perempuan rentan di Kabupaten Trenggalek.

Menurut Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, kegiatan ini merupakan bentuk upaya yang dilakukan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek untuk mendorong perempuan agar mempunyai keahlian sesuai bidangnya.

Baca Juga : Harga Cabai Rawit Merah Meroket, Omzet Pedagang di Blitar Turun

"Pelatihan ini dimaksudkan untuk mengasah keterampilan perempuan di Trenggalek. Sehingga ketika selesai pelatihan ilmunya bertambah," jelas Arifin saat hadiri pelatihan yang diselenggarakan di Gedung Bhawarasa Trenggalek, Selasa (16/3/2021).

Arifin juga memaparkan, bahwa dalam kegiatan ini terkandung banyak manfaat, diantaranya membentuk pola pikir pembisnis, latih desain grafis atau pembuatan logo, pemasaran dan pembinaan sumber daya manusia (SDM).

"Bekal ini penting untuk pengusaha UMKM perempuan agar naik kelas. Jadi tidak terpaku pada manajemen lama. Jika ingin berhasil dalam pengelolaan UMKM minimal harus tahu ilmunya dulu," ujarnya.

Orang nomor satu di Trenggalek ini menegaskan, pemberdayaan perempuan bukan bermaksud untuk menggantikan peran laki-laki untuk mencari nafkah. Melainkan untuk membagi tugas dengan suami, serta memanfaatkan waktu luang untuk berjualan sambil mendidik anak.

"Senyampang bisa dikerjakan di rumah kenapa tidak. Pekerjaan ibu rumah tangga tidak terganggu, dan bisa mencari tambahan lewat bisnis UMKM," ujar pria yang kerap disapa Gus Ipin ini.

Baca Juga : Festival Aruna Panca Sapta, Iringi Peringatan Milad ke-57 IMM

Arifin juga ingin mendorong perempuan mempunyai multifungsi, sehingga dapat menjadi perempuan handal dalam segala bidang. Pasalnya, jika dibandingkan laki-laki, tugas perempuan lebih berat.

"Perempuan mampu menjalankan banyak peran, dengan demikian akan menambah kemampuan mendidik anak dan membina keluarga berkualitas," pungkas Gus Ipin.

 

Topik
pemkab trenggalek Bupati Trenggalek pengusaha perempuan umkm trenggalek

Berita Lainnya