Pemberdayaan Masyarakat Kota Kediri Sukses, Kota Samarinda Studi Tiru | Kediri TIMES

Pemberdayaan Masyarakat Kota Kediri Sukses, Kota Samarinda Studi Tiru

Feb 25, 2021 15:40
Pemkot Kediri saat menerima kunjungan pemkot Samarinda.(ist)
Pemkot Kediri saat menerima kunjungan pemkot Samarinda.(ist)

KEDIRITIMES - Pemerintah Kota Kediri kembali menerima rombongan Pemerintah Kota Samarinda, bertempat di ruang Kilisuci Balai Kota Kediri. Provinsi Kalimantan Timur kembali melakukan studi tiru tentang Program Pemberdayaan Masyarakat (Prodamas) di Kota Kediri. Kedatangannya ini merupakan lanjutan dari kunjungan yang dilakukan pada tanggal 10 Februari 2021 lalu.

"Kali ini kami datang bersama rombongan para camat yang berniat menimba ilmu kembali tentang Prodamas di Kota Kediri ini," ungkap Tejo Sutarmoto, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Pemerintah Kota Samarinda, Rabu, (25/2/2021).

Baca Juga : Vaksinasi Tahap 2 Dimulai, Petugas kecamatan di Kediri Disasar

Dalam kesempatan ini sekaligus ia mengenalkan program yang serupa dengan Prodamas yang rencananya akan segera diterapkan di Kota Samarinda. "Kami punya program namanya, Probebaya (Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat) yang secara konsep hampir sama dengan Prodamas,"imbuh Tejo

Sementara itu, Paulus Luhur Budi Prasetya, Kepala Bagian Pemerintahan Pemkot Kediri memberikan penjelasan tentang pelaksanaan Prodamas di Kota Kediri sekaligus menyambut kedatangan rombongan Pemkot Samarinda ini.

"Prodamas pertama kali dilaksanakan di Kota Kediri pada tahun 2015 dengan besaran 50jt/RT/Tahun dan alhamdulillah selama 5 tahun berjalan telah memberikan hasil yang signifikan,"kata Paulus.

Selain itu, ia juga memberikan penjelasan secara teknis mengenai pengelolaan dana prodamas ini. "Kelurahan yang menjadi kunci penting pelaksanaan dan pengelolaan program ini, jadi piranti kelurahan harus benar-benar disiapkan dengan baik", tandasnya.

Baca Juga : Sempat Ditentang, Biro Hukum Provinsi Jatim Restui Draf Tatib Jabatan Wawali Kota Kediri

Dalam acara yang dilaksanakan di ruang Kilisuci Balai Kota Kediri ini, juga dihadiri Kepala Bidang PPMPI Bappeda Kota Kediri, Tetuko Erwin Sukarno, Camat Kota Kediri, Arief Kholisudin dan Kepala Kelurahan Ngronggo, Heru Sugiarto.

Menurut keterangan Tejo, rencananya Pemkot Samarinda akan melakukan studi tiru lanjutan lagi bersama dengan para lurah untuk meninjau langsung ke lokasi kelurahan di Kota Kediri guna mempelajari konsep pelaksanaan Prodamas.

Topik
Balai Kota Kediri Kota Kediri Pemerintah Samarinda Kota Samarinda

Berita Lainnya