PPLH Mangkubumi dan Bupati Tulungagung Sepakat Stop Rencana Penebangan Sonokeling oleh DLH | Kediri TIMES

PPLH Mangkubumi dan Bupati Tulungagung Sepakat Stop Rencana Penebangan Sonokeling oleh DLH

Feb 06, 2021 15:19
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo saat menerima kedatangan PPLH Mangkubumi di Pendopo Kabupaten Tulungagung (Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES)
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo saat menerima kedatangan PPLH Mangkubumi di Pendopo Kabupaten Tulungagung (Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES)

TULUNGAGUNGTIMES - Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Mangkubumi bersama dengan para pegiat lingkungan dari berbagai komunitas melakukan audiensi dengan Bupati Tulungagung, Jumat (5/2/2021) kemarin. 

Audiensi dilakukan karena adanya wacana Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tulungagung yang berencana akan melakukan penebangan ratusan pohon Sonokeling di Jalan Kabupaten.

Baca Juga : Yamaha X-Ride Dirumorkan Pakai Mesin Nmax untuk Tantang Honda ADV 150

"Hasil dari pertemuan itu Bapak Bupati tidak akan menyetujui rencana penebangan pohon Sonokeling dan pohon-pohon lainnya yang berada di tepi jalan dengan jumlah ratusan kecuali pohon mau tumbang, mati atau membahayakan pengguna jalan," kata Direktur PPLH Mangkubumi Muhammad Ichwan Musyofa, Sabtu (6/2/2021).

Ichwan mengungkapkan, saat audiensi itu diketahui jika Bupati Tulungagung Maryoto Birowo tidak mengetahui kalau pohon Sonokeling yang diwacanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk ditebang jumlahnya 124 pohon.

"Bupati juga menyampaikan bahwa Sonokeling merupakan jenis pohon yang populasinya semakin sedikit dan berpotensi punah maka perlu dijaga serta dilestarikan," jelasnya.

Ichwan juga mengapresiasi atas langkah Bupati Tulungagung yang tidak akan menyetujui penebangan ratusan pohon sonokeling di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH)..

Lebih lanjut, Pemerintah Daerah (Pemda) diminta segera menyusun Perda Perlindungan Pohon di ruang publik serta segera menggenjot capaian RTH seluas 30% dari luas wilayah Tulungagung.

"Saat ini luas RTH di Tulungagung masih 23%. Populasi Sonokeling semakin menipis jumlahnya sehingga kita dorong bupati keluarkan aturan pemberhentian penebangan pohon Sonokeling yang tumbuh di areal Pemda maupun kawasan hutan," ungkapnya.

Terkait hasil audiensi yang disampaikan PPLH Mangkubumi, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo saat dikonfirmasi membenarkan isi pertemuan (audiensi) yang dilakukan pihaknya.

Baca Juga : Disandingkan dengan Elon Musk, ini Alasan Anies Baswedan Jadi Pahlawan Transportasi

"Pernyataan saya kepada LSM  Mangkubumi benar (demikian). (Penebangan tidak saya setujui) guna mempertahankan lingkungan yang hijau," jelas Maryoto Birowo saat dikonfirmasi melalui perpesanan WhatsApp.

 

 

 

Topik
penebangan pohon sonokeling pohon sonokeling di tulungagung stop penebangan pohon pusat pendidikan lingkungan hidup mangkubumi Bupati Tulungagung DLH Kabupaten Tulungagung ruang terbuka hijau tulungagung

Berita Lainnya