Hasil PPKM Tahap Pertama, Ekonomi Turun, Covid-19 Naik | Kediri TIMES

Hasil PPKM Tahap Pertama, Ekonomi Turun, Covid-19 Naik

Feb 01, 2021 16:08
Rapat terbatas terkait PPKM, Jumat (29/1/2021)  (Foto:  Biro Pers Setpres)
Rapat terbatas terkait PPKM, Jumat (29/1/2021) (Foto: Biro Pers Setpres)

INDONESIATIMES – Penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap pertama yang berlangsung pada 11 Januari – 23 Januari lalu dinilai tidak memberikan pengaruh yang baik pada penurunan kasus Covid-19.

Yang terjadi malah sebaliknya, kasus Covid-19 mengalami kenaikan lebih tinggi, dibandingkan dengan perekonomian Indonesia yang semakin menurun.

Baca Juga : Langgar Aturan PPKM, RestoJepang Jalan Wilis Dikenai Sanksi

Awalnya Jokowi mengingatkan kepada para menteri agar berhati-hati dalam penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), karena dapat berdampak pada penurunan perekonomian Indonesia.

Dalam kanal YouTube Sekertariat Presiden, yang diunggah pada Minggu (31/1/2021), Presiden Joko Widodo tidak mempermasalahkan terkait turunnya perkenomian di masa pandemi Covid-19, akan tetapi lebih baik jika kasus Covid-19 juga beriringan mengalami penurunan. 

“Hati-hati ini turun, ekonomi turun, ada PPKM ekonomi turun. Sebenarnya nggak apa-apa, jika Covid juga ikut turun, tapi kan ini enggak,” pungkas Jokowi.

Jokowi juga mengatakan penerapan PPKM belum memberikan dampak penurunan yang signifikan terhadap kasus Covid-19, dikarenakan kurangnya konsisten dalam mengimplementasikan kebijakan tersebut.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta para Menteri agar menghitung secara tepat setiap kebijakan yang diambil dalam menekan penurunan kasus Covid-19, agar penerapan PPKM dapat dilaksanakan dengan  efektif.

Baca Juga : Dukung Vaksinasi Covid-19, Pemuda Pamekasan Buat Petisi Khusus

”Betul-betul dihitung agar kita mendapat formula yang tepat. Formula standar enggak ada. Yang lockdown pun demikian, kasus Covid-nya eksponensial juga,” kata Jokowi.

PPKM tahap pertama telah selesai. Akan tetapi pemerintah tetap melanjutkan penerapan PPKM, dikarenakan kasus Covid-19 belum kunjung mengalami penurunan.

Topik
Covid 19 ppkm jawa bali Presiden Jokowi

Berita Lainnya