Peduli Lingkungan IAI Tribakti Lirboyo Tanam Ratusan Pohon | Kediri TIMES

Peduli Lingkungan IAI Tribakti Lirboyo Tanam Ratusan Pohon

Jan 30, 2021 16:57
Penanaman ratusan pohon di luas lahan 4 hektar (Eko Arif S/JatimTIMES)
Penanaman ratusan pohon di luas lahan 4 hektar (Eko Arif S/JatimTIMES)

KEDIRITIMES - Bencana yang terjadi akhir - akhir ini menggugah keprihatinan Kampus IAI Tribakti Lirboyo Kota Kediri. Salah satu bentuk kepedulian yang dilakukan IAI Tribakti Lirboyo adalah melakukan kegiatan penanaman 300 pohon yang berada di lingkungan Lebak Tumpang Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.

Ratusan tanamam jenis alpukat, mangga serta sukun ini ditanam di atas lahan seluas 4 hektar di lereng kaki Gunung Klotok, dekat lahan milik Perhutani.

Baca Juga : Semangat Kelola Lingkungan, DLH Pemkab Blitar Bentuk 176 Bank Sampah

Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Kediri KH Abdullah Khafabihi Mahrus yang juga menjabat sebagai Rektor IAI Tribakti Lirboyo mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan alam sekitar.

"Kita tanami apa saja lingkungan di sekitar kita agar bermanfaat," kata salah satu kiai sepuh Ponpes Lirboyo, Sabtu (30/1/21).

Tanah ini merupakan milik kampus 2 Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri. "Penanaman ini dimaksudkan untuk menjaga keseimbangan alam," katanya.

Menurutnya, ratusan tanaman ini didapat dari keikhlasan para donatur. Mereka yang dilibatkan dalam penanaman pohon ini adalah dosen, kiai, dan Gus terutama di lingkup Pondok Pesantren Lirboyo Kediri.

KH Khafabihi Mahrus membuka diri bagi siapa pun masyarakat yang peduli terhadap lingkungan sekitar bisa sodaqoh berupa tanaman.

Baca Juga : Jaga Kelestarian Lingkungan, PDIP Kabupaten Blitar Tanam 1.000 Bibit Pohon

"Kita menerima sodaqoh dalam bentuk tanaman apa saja. Termasuk ini semua hasil sumbangan-sumbangan para donatur. Semoga mereka yang beramal jariyah menanam pohon pahalanya mengalir," ungkapnya. 

Hadir dalam penanaman pohon tersebut Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Mohammad Ridwan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan, Didik Catur, Camat Mojoroto dan Lurah Pojok.

Topik
iai tribakti lirboyo Peduli Lingkungan penanaman pohon

Berita Lainnya