Mengenal Alat Deteksi Covid-19 GeNose dan Cara Kerjanya | Kediri TIMES

Mengenal Alat Deteksi Covid-19 GeNose dan Cara Kerjanya

Jan 24, 2021 09:21
Alat pendeteksi Covid-19 GeNose. (Foto: Instagram @ugm.yogyakarta).
Alat pendeteksi Covid-19 GeNose. (Foto: Instagram @ugm.yogyakarta).

INDONESIATIMES - Pemerintah pusat bakal mengeluarkan kebijakan baru sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19. Yakni, dengan memberlakukan tes deteksi Covid-19 GeNose yang rencananya bakal mulai diterapkan di sejumlah stasiun kereta api mulai tanggal 5 Februari 2021 mendatang.

Lantas, seperti apa alat deteksi Covid-19 GeNose dan cara kerjanya?

Baca Juga : Tiga Pedagang Meninggal akibat Covid-19, Pasar di Tulungagung Ditutup

GeNose merupakan alat deteksi Covid-19 buatan peneliti di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan telah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sejak Desember 2020 lalu.

Tingkat akurasi penggunaan tes ini diklaim ampuh hingga 90 persen mendeteksi seorang yang terpapar Covid-19.

Dilansir dari berbagai sumber, tak seperti alat deteksi Covid-19 pada umumnya, seperti PCR swab test, rapid test berbasis antibodi maupun rapid antigen. GeNose dikembangkan untuk mengidentifikasi virus dengan cara mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC).

Nah, VOC akan terbentuk oleh adanya infeksi Covid-19 yang keluar saat bernapas. Namun, bagi yang akan menjalani tes ini ada SOP khusus yang harus dipenuhi. Yakni, setiap orang yang akan melakukan tes GeNose, setengah jam sebelum pengetesan tidak dianjurkan merokok, minum minuman dengan rasa kuat seperti teh atau kopi, hingga tidak diperbolehkan memakan makanan menyengat seperti durian, petai, jengkol dan sejenisnya.

Sementara, untuk cara kerja dari alat tersebut, seorang yang akan diperiksa menggunakan GeNose, terlebih dahulu diminta mengembuskan napas ke tabung khusus atau plastik khusus yang terhubung dengan sensor pendeteksi VOC.

Baca Juga : Reaksi Bill Gates Usai Disuntik Vaksin Covid-19

Selanjutnya, data yang terbaca akan diolah dengan bantuan kecerdasan buatan hingga memunculkan hasil. 

Alat ini juga cukup cepat, sebab hanya butuh waktu kurang dari 2 menit, GeNose bisa mendeteksi apakah seseorang positif atau negatif Covid-19.

Topik
apa itu genose genose adalah genose covid 19 cara kerja genose tes genose alat deteksi covid 19 syarat penggunaan genose berita genose covid 19

Berita Lainnya