Rapat Awal Tahun, Bupati Trenggalek Ingatkan Tugas dan Target Setiap OPD | Kediri TIMES

Rapat Awal Tahun, Bupati Trenggalek Ingatkan Tugas dan Target Setiap OPD

Jan 18, 2021 19:09
Situasi rapat virtual bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah se-Kabupaten Trenggalek
Situasi rapat virtual bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah se-Kabupaten Trenggalek

TRENGGALEKTIMES - Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin meminta seluruh OPD beserta pemangku kepenting lainnya turut aktif dan tanggap dalam segala hal. Menurut Arifin, Kantor OPD harus responsif terhadap gender, parkir difabel, perempuan, bidang miring, ruang laktasi, dan jalur fast-track.

"Setiap OPD harus sigap dan tanggap terhadap semua aduan masyarakat. Tim tindak lanjut pengaduan pada setiap OPD jangan sampai lengah respon pengaduan masyarakat," imbau Arifin saat rapat bersama staff secara virtual, Senin (18/1/2021).

Baca Juga : 10 Pejabat Terpapar Covid, Bupati Bangkalan Berlakukan Sistem Shift Mulai Hari Ini

Bupati termuda ini juga mengingatkan tim tindak lanjut pengaduan di setiap OPD untuk lebih aktif dalam bermedia sosial. Pasalnya, masyarakat Trenggalek kerap melayangkan keluhan ataupun pengaduan lewat media sosial.

"Terutama dari media sosial yang bisa aktif melaporkan pekerjaan setiap hari untuk transparansi terhadap masyarakat. Sementara untuk Kominfo lebih memperkuat lagi sistem dan progres tindak lanjutnya," Jelas Arifin.

Masih menurut Arifin, pihaknya juga mengingatkan kembali untuk eksekusi setiap program. Baik itu program dari pemerintah pusat maupun daerah dengan tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Hal ini dapat dicapai dengan memahami 17 goals SDGs (Sustainable Development Goals) dan disesuaikan dengan indikator sasaran OPD untuk menyokong IKU Kabupaten. SAKIP harus A", tegasnya.

Pria yang kembali terpilih pimpin Trenggalek 5 tahun ke depan ini juga mengimbau agar disiplin terhadap pemanfaatan ruang dan pemeliharaan aset publik. Seperti salah satunya yakni sektor tambang yang ada di Trenggalek.

"OPD terkait harus menertibkan kendaraan berat agar patuhi aturan tonase yang berlaku. Jangan sampai kendaraan yang melebihi tonase bisa lalu lalang tanpa adanya tindakan tegas," ucapnya.

Baca Juga : Dewan Minta RPH Belajar pada Kasus yang Ditangani Kejari Malang

Diakhir rapat Arifin minta seluruh OPD untuk berhati-hati mengelola pendapatan asli daerah. Pihaknya mengingatkan untuk mematuhi skema yang telah dirancang sebelumnya.

"Jangan hamburkan uang, kreatif mengelola sumber PAD, dan harus aktif mengakses pembiayaan alternatif. Fokus kepada program prioritas, bantuan produktif dan sosial ke masyarakat," pungkasnya.

 

Topik
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin bupati termuda di indonesia rapat perdana opd trenggalek opd trenggalek berita kabupaten trenggalek

Berita Lainnya