Air Meluap, Wali Kota Kediri Sidak Outlet Drainase | Kediri TIMES

Air Meluap, Wali Kota Kediri Sidak Outlet Drainase

Jan 07, 2021 18:52
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar sidak outlet drainase di Kota Kediri.(ist)
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar sidak outlet drainase di Kota Kediri.(ist)

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar melakukan sidak ke beberapa lokasi outlet drainase di Kota Kediri, Kamis (7/1/2021). Dengan mengendarai sepeda motor, orang nomor satu di Kota ini menjawab respon masyarakat terkait adanya luapan air di beberapa titik jalan di Kota Kediri.

Luapan air di berbagai titik tersebut disebabkan hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Kediri sejak sore hingga malam hari, Rabu (6/1/02021) kemarin.

Baca Juga : Atasi Banjir, Pemkot Malang Minta Kucuran Dana Rp 128 Miliar Dari Provinsi Jatim

Adapun lokasi yang menjadi titik tinjauan, diantaranya Kali Tawang di utara hotel Kolombo, Kali Parung di selatan alun-alun, Bantaran Sungai Brantas, Kali Ngampel, serta Gang Tangkis. Selain itu, Wali Kota Kediri juga mengecek gorong-gorong yang ada di Jalan Mayjen Sungkono. 

Setelah melakukan peninjauan, Abu Bakar didampingi Kepala DLHKP, Kepala Dinas Perkim, Unsur Dinas PU, dan Camat Kota mengatakan, sudah mengecek kondisi inlet dan outlet air. Sebagai langkah ke depan, dirinya akan membuat resapan-resapan air dari dana Prodamas, khususnya di lingkungan perumahan. 

“Kemarin itu curah hujan sangat tinggi. Namun kalau kita lihat inlet air maupun outletnya semua baik-baik saja,” ucapnya.

Namun, lanjutnya, memang ada beberapa kerusakan. "Selain itu, di perumahan harus membuat resapan-resapan air. Bisa menggunakan dana Prodamas karena itu nanti akan bisa membantu meresapkan air. Jadi nanti airnya tidak semuanya masuk ke got," imbuhnya.

Abu Bakar juga mengimbau seluruh masyarakat Kota Kediri agar tidak membuang sampah di saluran air. Serta menggalakan kembali gerakan bersih-bersih saluran air tiga bulan sekali. 

Baca Juga : Warga Kota Malang Wadul Dewan soal Penarikan Iuran Sampah saat Bayar Tagihan Air

"Yang perlu kita garis bawahi bersama adalah kita mesti sadar seluruh masyarakat Kota Kediri jangan buang sampah di saluran air sama sekali. Itu akan jadi bom waktu kita nanti ke depan. Kita akan berbenah terus dan kita akan adakan gerakan tiga bulan sekali untuk membersihkan saluran-saluran air, khususnya yang ada di inlet dan outlet," pungkasnya.

 

Topik
Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar outlet drainase sidak outlet drainase berita kota kediri

Berita Lainnya