Pasien Covid Meningkat, Pemkab Trenggalek Siapkan RS Darurat di Kecamatan Panggul | Kediri TIMES

Pasien Covid Meningkat, Pemkab Trenggalek Siapkan RS Darurat di Kecamatan Panggul

Jan 06, 2021 17:51
RSU Panggul yang bakal dijadikan Rumah Sakit Darurat Covid-19
RSU Panggul yang bakal dijadikan Rumah Sakit Darurat Covid-19

Antisipasi penumpukan jumlah pasien di Rumah Sakit Umum Daerah dan asrama akibat Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek siapkan rumah sakit darurat. 

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menunjuk bangunan milik Puskesmas Panggul yang bakal dijadikan Rumah Sakit Darurat Covid-19.

Baca Juga : Tiba di Surabaya, Pemkab Malang Siapkan Cold Storage untuk Penyimpanan Vaksin Covid-19

Menurutnya, sesuai rencana Rumah Sakit Panggul ini akan dijadikan sebagai rumah sakit rintisan tipe-D. Namun sembari menunggu perizinan, RS Panggul bisa difungsikan menjadi rumah sakit darurat Covid-19.

"Jika sudah terwujud, pasien Covid-19 nantinya tidak perlu dirujuk ke rumah sakit tetangga bila ruang perawatan Covid-19 di RSUD Dr Soedomo penuh," jelas Arifin usai rapat bersama Pemprov Jatim, Rabu (6/1/2021).

Sementara untuk ruang perawatan, Mas Ipin sapaan akrab Bupati Trenggalek ini sudah siap untuk digunakan. Di tegaskannya, untuk proses persiapan tinggal rekrut tenaga dokter spesialis.

"Tinggal lakukan rekrutmen dokter spesialis paru-paru. Jika tidak ada, minimal dokter spesialis penyakit dalam," imbuh Arifin.

Ditambahkan Arifin, upaya yang dilakukannya kali ini merupakan bentuk tanggungjawab pemerintahan untuk memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Hal serupa juga dijelaskan Saeroni Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek. Pihaknya menerangkan bahwa sesuai kesepakatan Rumah Sakit akan difungsikan sekitar bulan Oktober tahun ini.

"Bangunan tersebut hingga saat ini masih berstatus milik Puskesmas. Sesuai alokasi yang ada di APBD Rumah Sakit Panggul akan difungsikan sebagai Rumah Sakit pada bulan Oktober atau tribulan yang keempat," ungkapnya.

Saeroni juga menerangkan bahwa tren pasien terkonfirmasi Virus Covid-19 saat ini mengalami peningkatan, hal ini tentu jadi perhatian pemerintah kabupaten.

Baca Juga : Sambil Tunggu Ready Stock, Pemkab Trenggalek Siapkan Vaksinator Profesional

"Jadi dari bulan Oktober trennya terus meningkat, yang terakhir di bulan Desember hingga 300-an kasus untuk bulan Desember saja," papar mantan direktur RSUD Dr. Soedomo ini.

Perlu diketahui, hingga Senin (4/1/2021) tercatat sudah ada 1.078 kasus Covid-19 di Trenggalek. Sementara 106 pasien masih jalani perawatan, baik di rumah sakit dan asrama maupun yang jalani isolasi mandiri di rumah.

 

 

 

Topik
Rumah Sakit Darurat Covid 19 rumah sakit darurat trenggalek Bupati Trenggalek berita covid 19 trenggalek

Berita Lainnya