Manfaat Pohon 'Angker' Pule, Kini Banyak Diburu Orang | Kediri TIMES

Manfaat Pohon 'Angker' Pule, Kini Banyak Diburu Orang

Jan 03, 2021 20:18
Pohon Pule (Foto: TulungagungTIMES)
Pohon Pule (Foto: TulungagungTIMES)

Pohon pule adalah jenis pohon yang banyak digunakan untuk penghijauan karena dedaunannya yang rimbun dan tingginya yang menjulang. Pohon pule atau pulai adalah jenis pohon tropis yang banyak ditemukan di wilayah anak benua India (India, Pakistan dan Bangladesh) serta Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Pohon yang termasuk kategori tanaman perintis itu tetap hijau dan tidak rontok daunnya walaupun di musim kemarau. Karena alasan itu, pohon pule banyak diburu pecinta tanaman untuk hiasan di pekarangan rumah.

Baca Juga : Gemar Tanam Pohon, Politikus PKS Ini Ajak Generasi Muda Teladani Wakil Wali Kota Malang

Salah satu penjual tanaman di Tulungagung Dwi Tomo, mengatakan, setahun terakhir ini banyak permintaan pohon pule berbagai ukuran dari konsumen. Berkembangnya trend Pule, lanjutnya, karena banyak taman-taman baru di Tulungagung yang pakai kombinasi pohon Pule.

"Penghijauan jalan raya depan Kantor Pemkab Tulungagung itu juga pakai Pule. Makanya kelihatan rapi dan rindang," kata pria berumur 40 tahun ini, Minggu (3/1/2021).

Tomo mengaku, sebelum Pule nge-trend, stok yang ia punyai tidak bisa dihabiskan dalam waktu 2 tahun, dan permintaan pesanan pun terbatas dari manajemen hotel, perkantoran, dan pengembang perumahan. 

"Kini dari masyarakat biasa juga banyak yang mencari pohon pule," ujarnya.

Besarnya permintaan membuat pria yang juga sebagai konsultan tata lingkungan itu, sempat kewalahan dan harus mendatangkan stok pohon pule dari luar kota. Belum lagi jika ada permintaan dari BUMDes yang datang bersamaan untuk kepentingan penghijauan dan hiasan tepi lapangan yang membuatnya kebingungan membagi stok dan deadline.

Baca Juga : Tutup Penanaman 2020, Perum Perhutani KPH Blitar Dikunjungi Kepala Divre Jatim

Dikutip dari laman sehatq, sebagian masyarakat mengidentikkan pohon pule sebagai pohon yang angker. Selain itu pohon pule terkenal dengan aroma bunganya yang khas dan memiliki segudang manfaat kesehatan.

Pohon yang memiliki nama latin Alsthonia scholaris ini, juga dikenal dengan nama Devil’s tree, Dita bark, White Cheesewood, dan Saptaparna, dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Selain bermanfaat secara estetika, pohon pule juga dikenal sebagai tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan.

Topik
pohon pule pohon pule tulungagung penjual tanaman manfaat pohon pule devils tree

Berita Lainnya