5 Tahun Pimpin Kabupaten Blitar, Ini Sederet Prestasi Rijanto-Marhaenis | Kediri TIMES

5 Tahun Pimpin Kabupaten Blitar, Ini Sederet Prestasi Rijanto-Marhaenis

Dec 30, 2020 13:28
Bupati Blitar Rijanto saat menyampaikan sambutan refleksi memimpin Kab Blitar selama 5 tahun.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Bupati Blitar Rijanto saat menyampaikan sambutan refleksi memimpin Kab Blitar selama 5 tahun.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menggelar peringatan hari jadi ke-190 secara sederhana, Rabu (30/12/2020). Agenda yang dihelat di Pendapa Sasana Adi Praja Kanigoro diisi dengan kegiatan Istighosah Qubro dan Santunan Anak Yatim Piatu. 

Kegiatan yang dihadiri alim ulama dan kepala OPD jajaran Pemkab Blitar juga diisi dengan refleksi kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Blitar selama 5 tahun masa kepemimpinan. Ya, dalam kurun waktu 5 tahun ini visi misi Bupati Rijanto dan Wabup Marhaenis Urip Widodo diwarnai dengan keberhasilan dan sederet prestasi membanggakan. 

Baca Juga : Masterplan Wisata Pantai di Kabupaten Blitar Mulai Digarap Tahun 2021

Beberapa penghargaan dan prestasi yang berhasil diraih Pemkab Blitar di sepanjang tahun 2016-2020 diantaranya meraih lima penghargaan sekaligus dalam ajang Pejabat Informasi dan Dokumentasi (PPID) Tahun 2016 Provinsi Jawa Timur. Kemudian Wahana Tata Nugraha (WTN) di bidang lalu lintas kategori Kota Kecil, penghargaan gelar ketenagakerjaan tahun 2017 kategori Kabupaten Pembina K3 Tingkat Provinsi Jawa Timur. 

Prestasi kian membanggakan dengan diraihnya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada tahun 2016 dan sukses dipertahankan selama 4 tahun berturut-turut. Kemudian penghargaan Swasti Saba Wistara yang diraih pada tahun 2019, Kabupaten Layak Anak Tingkat Madya yang dapat dipertahankan sejak tahun 2015, Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) yang sukses dipertahankan selama empat tahun berturut-turut sejak tahun 2016, penghargaan Kabupaten sangat inovatif dalam Innovative Government Award (IGA) 2020.

“Masih banyak penghargaan lainya yang diraih. Tentunya penghargaan tersebut menjadi pemacu semangat dan daya saing kita semua untuk bekerja lebih baik lagi,” ungkap Bupati Blitar Rijanto. 

Komitmen Pemkab Blitar dalam perlindungan terhadap hak kekayaan intelektual membawa Kabupaten Blitar meraih peringkat kedua Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang memberikan fasilitasi HAKI terbanyak tahun 2020. Total ada sebanyak 120 pengajuan fasilitasi merek di tahun 2020. 

Di bidang kesehatan, pada tahun 2020 ini Kabupaten Blitar menjadi satu dari empat daerah yang oleh Pemprov Jatim ditetapkan sebagai daerah ODF 100%. Di bidang perekonomian, Pemkab Blitar menunjukkan kinerja impresif di tengah pandemi Covid-19 dengan diraihnya predikat terbaik kedua PAD asal hewan se Jawa Timur. Di bidang lingkungan hidup, empat desa di Kabupaten Blitar sukses meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Utama di tingkat nasional.

“Persaingan dewasa ini semakin ketat, oleh sebab itu kita harus memperkaya inovasi. Beberapa inovasi yang telah diaplikasikan harus terus diperbaiki demi pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik,” tegasnya. 

Baca Juga : Sah, Pemkab Blitar Wajibkan Pendatang dari Luar Kota Lolos Rapid Test Antigen

Selain prestasi-prestasi tersebut, masih banyak prestasi lain yang ditorehkan jajaran aparatur Pemkab Blitar dan masyarakat Kabupaten Blitar. Beberapa prestasi tersebut yakni penghargaan Gapoktan Berprestasi dari Menteri Pertanian RI, Klaster Terbaik Pendukung Ketahanan Pangan dan Juara II Koperasi Berprestasi Kategori Kelompok Koperasi Produsen dalam Lomba Perkoperasian dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur 2020 oleh Koperasi Putera Blitar. 

“Tantangan kedepan semakin berat. Antara lain penanganan dampak pandemi Covid-19, kemudian tuntutan kemajuan teknologi di berbagai pelayanan publik, serta penguatan daya saing. Hal ini membutuhkan sinergi yang baik antara eksekutif, legislative, masyarakat dan stakeholder. Penting juga penyiapan SDM yang unggul, tangguh dan berkualitas,” pungkas bupati. 

 

Topik
prestasi bupati blitar Rijanto Marhaenis

Berita Lainnya