Begini Cara Pemkot Kediri Merawat Pepohonan di Pinggir Jalan | Kediri TIMES

Begini Cara Pemkot Kediri Merawat Pepohonan di Pinggir Jalan

Dec 15, 2020 19:11
DLHKP (Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan) Kota Kediri melakukan perawatan rutin untuk pepohonan di sepanjang jalan Kota Kediri. Mulai pemangkasan hingga pemupukan yang rutin dilaksanakan. (Foto: Ist)
DLHKP (Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan) Kota Kediri melakukan perawatan rutin untuk pepohonan di sepanjang jalan Kota Kediri. Mulai pemangkasan hingga pemupukan yang rutin dilaksanakan. (Foto: Ist)

DLHKP (Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan) Kota Kediri melakukan perawatan rutin pada pepohonan di sepanjang jalan Kota Kediri. Mulai pemangkasan hingga pemupukan.

Khususnya pada musim hujan, terlihat kesigapan petugas DLHKP memangkas pohon di sepanjang jalan utama Kota Kediri. Pemangkasan ini tidak hanya dilakukan pada saat musim hujan saja, namun rutin sepanjang tahun. Khususnya pada pohon tua dan dahan yang terlalu rimbun agar tidak membahayakan pejalan.

Baca Juga : Ternyata, Kasus Penebangan Pohon Sonokeling Ada Permohonan dari Polres Tulungagung, JPIK akan Lapor Gubernur

“Keberadaan taman kota dan tentu saja pohon merupakan salah satu kriteria kota layak huni. Bagaimana sebuah kota mampu menyediakan udara bersih untuk penghuninya. RTH bukan hanya soal taman, juga bagaimana merawat pohon-pohon yang ada di sebuah kota,” kata Didik Catur, Kepala Dinas DLHKP, 15/12/2020. Tanggung jawab tersebut ada di DLHKP bekerja sama dengan dinas-dinas lain terkait.

Lebih detail lagi, Datik indrijaswati Adi Putri, Kabid Pertamanan dan Tata Lingkungan DLHKP Kota Kediri menjelaskan tentang perawatan pohon di Kota Kediri. Pemotongan pohon  sesuai dengan Perwali Nomor 23 tahun 2013 tentang Tata Cara Pemanfaatan Pertamanan Kota dan Pemotongan Pohon atau Tanaman.

Kegiatan pemangkasan yang paling sering terlihat oleh masyarakat karena melibatkan Satpol PP, BPBD, Dishub dan Kodim. Untuk bulan Desember 2020 pada minggu ini mulai hari ini, 15 Desember 2020 sampai Jumat, 18 Desember 2020. Dilanjutkan lagi minggu depan dengan jadwal yang berbeda.

Ada 3 tim di DLHKP yang bertugas melaksanakan kegiatan pemangkasan yaitu di wilayah Kecamatan Mojoroto, wilayah Kecamatan Kota, dan Wilayah Kecamatan Pesantren. Masing-masing tim melakukan rutinitas sesuai area masing-masing.  

“Pemangkasan pohon dilakukan intensif, setiap hari mengecek pohon lindung/peneduh se-Kota Kediri,” kata Datik. Pengecekan ini meliputi pengecekan untuk memastikan percabangan tidak membahayakan, tidak mengganggu, maupun tidak potensi roboh bila kena angin. Selain itu, pengecekan kesehatan pohon meliputi pemeriksaan hama dan penyakit pohon. “Kita melakukan penyemprotan terhadap hama seperti ulat yang mungkin mengancam kesehatan pohon,” kata Datik.

Baca Juga : Waspada! Beberapa Titik di Kota Batu Ini Rawan Banjir Luapan dan Genangan Air

Tak hanya pemangkasan, perawatan rutin juga termasuk memberikan nutrisi. Tak banyak masyarakat tahu bahwa pohon-pohon besar di sepanjang jalan dan juga taman-taman publik di Kota Kediri juga dipupuk secara intensif.

“Kami memberikan nutrisi akar dan injeksi batang secara berkala,” tambah Datik. Bila akar sehat, maka memastikan nutrisi ke seluruh pohon lancar. Selain itu, akar yang kuat juga menopang pohon agar tidak roboh.

Topik
Berita Kediri dlh kediri

Berita Lainnya