BPBD Imbau Warga Waspadai Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang di Kabupaten Blitar | Kediri TIMES

BPBD Imbau Warga Waspadai Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang di Kabupaten Blitar

Dec 08, 2020 16:35
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Blitar, Achmad Cholik
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Blitar, Achmad Cholik

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar meminta masyarakat untuk mewaspadai hujan lebat disertai angin kencang. Imbauan ini menyusul tingginya curah hujan di Kabupaten Blitar, dalam beberapa hari belakangan ini.

“Kami ingatkan warga agar mewaspadai adanya potensi hujan lebat yang disertai angin kencang beberapa hari ke depan. Mengingat, akhir-akhir ini mulai terjadi hembusan angin kencang di beberapa wilayah,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Blitar Achmad Cholik, Selasa (8/12/2020).

Baca Juga : Perbaikan Plengsengan yang Timpa Rumah Warga di Kasembon Butuh Waktu 3 Minggu

Berdasarkan data yang ada, sebagian besar wilayah Kabupaten Blitar berpotensi terdampak bencana alam. Seperti banjir, tanah longsor maupun angin kencang, saat cuaca ekstrem melanda. 

Terkait kondisi ini, pihaknya memberikan imbauan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat hujan lebat turun. 

“Sesuai analisis BMKG menunjukkan bahwa terdapat potensi peningkatan pertumbuhan awan hujan di atas wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan. Kami berharap, adanya fenomena ini masyarakat tidak panik melainkan lebih meningkatkan kewaspadaan demi keselamatan,” imbuhnya. 

Cholik melanjutkan, pihaknya juga memperingatkan warga yang tinggal di daerah perbukitan dan dekat pohon besar agar aktif memperhatikan kondisi lingkungan sekitar. 

Baca Juga : Rawan Longsor, Bupati Malang Sanusi Instruksikan Perbaikan Plengsengan Jalan Perkampungan

“Kami ingatkan, apabila hujan dibarengi dengan angin kencang, kami minta warga agar sebisa mungkin menjauh dari potensi bahaya,” pungkasnya. 

 

Topik
BPBD Kabupaten Blitar Hujan Lebat Angin kencang potensi bencana alam

Berita Lainnya