Lestarikan Budaya dan Lingkungan, Pemkot Kediri Gelar Festival Sedekah Bumi | Kediri TIMES

Lestarikan Budaya dan Lingkungan, Pemkot Kediri Gelar Festival Sedekah Bumi

Dec 07, 2020 18:31
Para penari menyuguhkan tarian di tentang hubungan manusia dan alam.(ist)
Para penari menyuguhkan tarian di tentang hubungan manusia dan alam.(ist)

Melestarikan budaya dan menjaga lingkungan menjadi tugas kita sebagai individu yang ada di dalamnya. Untuk itu Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri menggelar festival pertama bertajuk Sedekah Sumber Banteng 2020.

Festival digelar di atas air Sumber Banteng, Kelurahan Tempurejo, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri.

Baca Juga : GSN Foundation Ajak Revolusi Hutan untuk Atasi Banjir di Bojonegoro

 

Dalam acara tersebut menyuguhkan penampilan sendratari yang menceritakan tentang hubungan manusia dengan alam yang dikemas dengan sangat epik. Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Nur Muhyar.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Kediri Nur Muhyar, mengatakan, kegiatan di Sumber Banteng ini dalam rangka sedekah bumi. Tujuannya untuk nguri-uri budaya dan menjaga serta merawat sumber mata air di Kota Kediri, serta sebagai upaya untuk mengenalkan objek wisata Kota Kediri yang ada di Kelurahan Tempurejo.

“Saya sangat mengapresiasi acara yang menarik ini. Dengan kemasan yang bagus, saya yakin acara ini ke depannya akan ditunggu-tunggu oleh masyarakat,” kata Nur Muhyar.

Kendati demikian, ia berpesan kepada pemerintah setempat serta masyarakat yang ada di sekitar Sumber Banteng supaya dapat merawat keasliannya. 

“Tempat ini sudah dibangun dan dirawat dengan baik. Saya berpesan ked epannya hal-hal yang dilakukan di tempat ini tidak sampai merusak alam dan habitat aslinya,” pungkasnya.

Menjelang akhir acara, dilakukan doa bersama yang dilanjutkan dengan pelarungan gunungan yang terbuat dari pakan ikan dan pelepasan burung di area Sumber Banteng. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, melainkan sebagai upaya untuk melestarikan alam sumber banteng supaya tetap asri dan keasliannya tetap terjaga.

Baca Juga : Peringati Hari Menanam, Bupati Bojonegoro Ajak Warga Peduli Lingkungan

 

Sebagai informasi, perawatan sumber Banteng ini murni dari inisiasi warga sekitar yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Tempurejo. Tidak heran hal ini sangat diapresiasi oleh Pemkot Kediri, berkat kesadaran masyarakat sumber mata air yang awalnya biasa saja, kini makin ‘mentereng’ dan banyak dikenal masyarakat.

Sementara itu, mengingat masih dalam kondisi pandemi, acara tersebut tidak dibuka untuk umum. Namun, masyarakat dapat menyaksikan suguhan-suguhan menarik ini secara virtual melalui akun Instagram resmi Kecamatan Pesantren dan Kediri Tourism.

 

Topik
Sedekah Bumi festival sedekah sumber banteng sumber banteng kediri berita kota kediri

Berita Lainnya