PWNU Jatim Minta Kapolda Tindak Polisi yang Tidak Netral di Pilkada | Kediri TIMES

PWNU Jatim Minta Kapolda Tindak Polisi yang Tidak Netral di Pilkada

Nov 27, 2020 19:21
Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar saat menerima kunjungan dinas Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta di Pondok Pesantren Sabillurrosyad, Kota Malang, Jumat (27/11/2020). (Foto: Istimewa) 
Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar saat menerima kunjungan dinas Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta di Pondok Pesantren Sabillurrosyad, Kota Malang, Jumat (27/11/2020). (Foto: Istimewa) 

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim meminta kepada Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta agar menindak aparat kepolisian yang tidak netral dalam momen pilkada serentak 2020.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar ketika menerima kunjungan Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta di Ponpes Sabilurrosyad, Kota Malang, Jumat 27 November 2020. 

Marzuki berpesan kepada Nico agar polisi dalam perhelatan pilkada serentak 2020 harus bersikap netral alias tidak memihak kepada pasangan calon (paslon) kepala daerah mana pun. 

"Saya atas nama PWNU Jawa Timur berpesan kepada kapolda Jatim agar helatan pilkada serentak yang diselenggarakan di Jawa Timur, termasuk di Kabupaten Malang, agar berjalan demokratis dan anggota kepolisian bisa netral," ungkapnya. 

KH Marzuki juga meminta kapolda memberikan sanksi tegas menurut peraturan perundang-undangan kepada polisi di lingkup wilayah Jatim yang memihak dan terbukti mendukung salah satu paslon.  "Kalau ada polisi yang terbukti melakukan pelanggaran, saya pesan agar langsung ditindak. Karena dengan begitu bisa menjaga marwah lembaga Polri agar tidak ternoda dengan ulah oknum," tandasnya. 

Dan yang terakhir, Marzuki juga berpesan kepada kapolda agara jajaran aparat kepolisian dapat turut serta dalam melakukan pengamanan pesta demokrasi masyarakat tersebut. Tujuannya, pilkada berlangsung aman, tertib, dan kondusif di 19 daerah Jatim yang menggelar pilkada. 

"Pilkada memang rawan konflik. Sehingga peran aparat kepolisian cukup besar dalam menjaga suksesnya pilkada serentak tahun ini," tutup KH Marzuki.

Topik
Nahdlatul Ulama Kapolda Jatim Pilkada 2020 Ketua PWNU Jatim

Berita Lainnya