Perkuat Pelayanan, Program Dukcapil Menyapa Masyarakat Hadir di Kabupaten Blitar | Kediri TIMES

Perkuat Pelayanan, Program Dukcapil Menyapa Masyarakat Hadir di Kabupaten Blitar

Nov 24, 2020 13:28
Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Luhur Sejati.(Foto : Aunur Rofiq/JatimTIMES)
Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Luhur Sejati.(Foto : Aunur Rofiq/JatimTIMES)

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar, tak henti-hentinya berinovasi dalam rangka mewujudkan pelayanan prima di bidang layanan administrasi kependudukan. 

Diantaranya dengan program Dukcapil Menyapa Masyarakat (DMM)

Baca Juga : Garap Lahan Pertanian di Perbukitan, Pemkab Malang Siapkan Dana Rp 4,7 Miliar

Dengan program Dukcapil Menyapa Masyarakat ini, hambatan komunikasi yang terjadi antara masyarakat dengan Dispendukcapil bisa teratasi. Khususnya komunikasi di masa pandemi Covid-19. 

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar Luhur Sejati, mengungkapkan, Dukcapil Menyapa Masyarakat merupakan program khusus yang dilakukan pihaknya. 

Program ini ditujukan untuk sosialisasi sekaligus memberikan informasi, menjelaskan strategi dan kebijakan dan menginformasikan tempat-tempat layanan kependudukan dan pencatatan sipil.

“Artinya, ada yang harus dikomunikasikan dengan masyarakat selaku pemohon terkait urusan kependudukan dan pencatatan sipil," ucap Luhur kepada JATIMTIMES, Selasa (24/11/2020).

Nah, mengapa DMM ini penting?

"Karena rata-rata masyarakat yang datang ke Dukcapil itu kurang informasi terkait bagaimana cara mengurus dokumen, persyaratanya serta kendala-kendala yang dihadapi lainya,” terangnya.

Dikatakannya, Dispendukcapil berupaya menjembatani segala informasi mengenai layanan adminduk melalui DMM. Saluran komunikasi DMM diantaranya melalui media massa, baik media elektronik, surat kabar hingga media online.

“Dengan DMM kita berupaya menjembatani informasi pelayanan. Caranya seperti apa? Semua media kita gunakan. Televisi kita gunakan, radio kita gunakan, media sosial kita gunakan, media online kita gunakan. Semua media kita gandeng untuk menyampaikan informasi terkait administrasi kependudukan dan pencatatan sipil,” tukasnya.

Baca Juga : Awal Desember, Dispendukcapil Blitar Buka Tempat Layanan Adminduk di Wlingi

Dengan disebarkannya informasi diharapkan masyarakat sudah tahu apa yang harus dipersiapkan saat datang ke kantor Dukcapil. Masyarakat diimbau untuk aktif menyimak informasi layanan adminduk yang disiarkan melalui media massa.

“Salah satu indikator masyarakat bolak-balik datang ke kantor Dukcapil adalah karena ketidaktahuan cara dan berkas persyaratan untuk mengurus adminduk. Ini sudah tidak kita inginkan," ujar Luhur.

Lanjutnya, dengan DMM ini masyarakat berperan aktif mendengarkan dari radio, melihat TV, membaca di media online dan media sosial. 

"Di media kita sampaikan cara dan persyaratan mengurus dokumen adminduk. Sehingga ke depan masyarakat tidak bingung lagi dalam mengurus dokumen adminduk,” pungkasnya (Adv). 

 

Topik
Dispendukcapil Kabupaten Blitar dukcapil menyapa masyarakat Berita Kabupaten Blitar

Berita Lainnya