Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

Setiap muslim, bahkan Rasulullah SAW tentunya tak pernah luput dari sebuah ujian atau permasalahan. Namun dalam Islam diajarkan, agar permasalahan yang ada dihadapi dengan baik. Karena itu merupakan bentuk ujian yang diberikan oleh Allah SWT untuk setiap hambanya.

Untuk bisa keluar dari setiap permasalahan yang dihadapi, setiap muslim dianjurkan untuk bersabar dan menyelesaikan setiap permasalahan yang ada. Setiap muslim juga tidak dibenarkan mengeluh ataupun menyerah atas kondisi yang dihadapi. Selain itu juga selalu dianjurkan berdoa dan memohon kepada Allah SWT.

Baca Juga : Rasulullah SAW Pernah Miliki Menantu yang Berbeda Agama, Kisahnya Begitu Mengharukan

Ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah kajian yang diunggah channel YouTube Islam Terkini menyampaikan, Rasulullah SAW ketika dalam keadaan sulit selalu melantunkan doa. Doa tersebut dikatakan sebagai doa yang akan menghilangkan semua masalah berat yang dihadapi siapapun. Ketika terdesak, Rasulullah SAW selalu melantunkan kalimat-kalimat tersebut dan berdoa.

Doa Rasulullah SAW saat dalam kesulitan adalah “La Ilaaha Illallahul Adzimul Halim. La Ilaha Illallahu Rabbul Arsyil Adzim. La Ilaha Illallahu Robbus Samawati Wa Robbul Ardhi Wa Robbul Arsyil Karin.”

Doa itu memiliki arti, “Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah SWT. Dzat yang Maha Agung dan Maha Penyantun. Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah SWT. Kamu pemilik singgasana yang Agung. Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau ya Alalh SWT. Pemilik, pencipta pengawas, pengontrol, pemusnah, seluruh langit dan bumi, dan pemilik singgasana yang mulia.”

Kata Halim tersebut yang bisa mengeluarkan seseorang dari masalah sulit yang dihadapi. Termasuk juga kalimat mengagungkan Allah SWT yang terus diulang sebagai bentuk memohon atas apa yang sedang dihadapi untuk bisa segera diselesaikan dengan baik.

Baca Juga : Peringatan Maulid Nabi, DPD PKS Kota Malang: Momentum Peningkatan Iman dan Taqwa

Doa tersebut yang diwariskan untuk bisa diikuti oleh seluruh umat muslim saat menghadapi berbagai masalah dan kesulitan. Sehingga, ada baiknya ketika menghadapi permasalahan dan kesulitan, seorang muslim berdoa dan bersimpuh di hadapan Allah SWT. Kemudian mengamalkan setiap lantunan doa yang telah diwariskan Rasulullah SAW tersebut.