Ustazd H. Soim Alkasi memberikan potongan tumpeng ke AKBP Handono Subiakto / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES
Ustazd H. Soim Alkasi memberikan potongan tumpeng ke AKBP Handono Subiakto / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES

Baru menjabat, Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, melaksanakan tasyakuran potong tumpeng dan doa bersama dengan Pejabat Utama (PJU), Jumat (20/11/2020). Bertempat di Masjid Al-Hafidz dalam kompleks Polres Tulungagung, doa bersama dipimpin oleh Ustazd H. Soim Alkasi.

"Dalam melaksanakan tugas, tidak ada barang yang tidak mungkin. Jika Allah berkehendak maka semua bisa terjadi," kata Handono, sambil mengutip  surat Yasin ayat ke 82, "innama amruhu idza arooda syaian ayyaquula lahu kun fayakun".

Baca Juga : Toko Minyak Wangi di Kediri Nyaris Ludes Dilalap Si Jago Merah

Sebelum doa bersama berupa pembacaan surat yasin dan tahlil, Kapolres beserta jajaran melaksanakan salat dhuha secara berjamaah.

Pasca tausiyah dan doa, Ustazd H Soim Alkasi memotong tumpeng yang disampaikan pada AKBP Handono Subiakto selaku Kapolres Tulungagung. Kegiatan doa bersama dan tasyakuran potong tumpeng ini, menurut Handono, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas situasi Kamtibmas di Tulungagung yang kondusif.

“Kegiatan ini untuk berdoa bersama agar kita sebagai polisi selain berusaha menjaga keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas), kita juga berdoa kepada Allah. Kita serahkan ikhtiar kepada Allah dan semoga meridhoi,” kata Handono.

Ke depan, setiap minggu, Handono berencana mengadakan kegiatan siraman rohani kepada anggota, baik di masjid Al-Hafidz maupun di tempat lainnya.

"Tujuannya untuk mempertebal keimanan anggota. Jika sudah ikhlas menjalani tugasnya tanpa diawasi pun, anggota akan bekerja dengan baik karena niatnya semata ikhlas untuk Allah," ungkapnya.

Sedangkan untuk rencana di masa transisi, diantaranya untuk silaturahmi ke tokoh masyarakat belum dapat dilaksanakan secepatnya.

Baca Juga : Dengan Obeng, Kursi, dan Bor Listrik, Tukang Batu di Tulungagung Ini Bunuh Tetangga Sendiri

"Di masa transisi ini, kegiatan saya juga banyak ke Polda. Kemudian, Kapolda juga baru saja ada pergantian. Saya mohon waktu dulu dan segera kita agendakan ke tokoh masyarakat dan tokoh agama," paparnya.

Pengganti AKBP Eva Guna Pandia ini terlihat khidmat dalam mengikuti kegiatan pembacaan yasin dan tahlil. Sementara itu, tausiyah yang di sampaikan oleh Ustazd Haji Soim Alkasi diantaranya tentang keutamaan mengamalkan asmaul husna dan membaca rotibul haddad secara rutin.

Ustazd muda itu yakin, jika setiap anggota kepolisian mengamalkannya, niscaya keamanan dan keutuhan negara akan dapat terjaga atas izin Allah SWT.