Menumbuhkan Oksigen dan  Obat di Pekarangan, Ini Contoh Keberhasilan PKK Kota Kediri | Kediri TIMES

Menumbuhkan Oksigen dan Obat di Pekarangan, Ini Contoh Keberhasilan PKK Kota Kediri

Nov 19, 2020 11:54
Tanaman obat-obatan milik warga RW 1 Kelurahan Mojoroto. (ist)
Tanaman obat-obatan milik warga RW 1 Kelurahan Mojoroto. (ist)

Taman seluas 200 meter persegi berisi aneka tanaman obat-obatan milik RW 1, Kelurahan Mojoroto, Kecamatan Mojoroto. Taman obat yang rapi dan apik ini dikelola oleh PKK, RW, dan pecinta tanaman warga setempat.

Berkat inovasi lingkungan itu,  segudang prestasi sudah diraih Mojoroto.  Kini sebuah perusahaan besar jamu sedang meliriknya untuk sebuah perlombaan tingkat nasional.

Baca Juga : Momentum Hari Pahlawan, Linksos Bersama Difabel Tanam Pohon di Gunung Wedon

“Awalnya sekitar 2 tahun lalu. Ada tanah wakaf yang tidak terawat, penuh batu-batu. Saya dan warga berinisiatif menanaminya untuk meningkatkan jumlah oksigen gratis,” kata Achmad Koharudin, lurah Mojoroto.

Kemudian, secara swadaya, warga bergotong royong untuk membuat taman toga (tanaman obat keluarga) di lahan wakaf tersebut. Ada warga yang menyumbang tenaga, ada yang menyumbang tanaman, dan lain-lain sehingga jadilah sebuah taman.

“Saya memang suka tanaman, jadi ya bantu-bantu merawat,” kata Didik Trisyuwono, warga RW 3. Setiap hari, Didik dengan suka rela menyiram dan merawat tanaman. Ia juga membuat aneka pembibitan tanaman hias dan buah.

Setelah dua  tahun, usaha warga ini mulai terlihat. Sejumlah lebih dari 120 jenis tanaman obat tertanam di sini. Warga yang membutuhkan tinggal mengambil untuk keperluan sehari-hari.

Tak hanya itu. PKK juga mulai membuat bahan olahan yang dijual di intern warga untuk menambah kas. Salah satu produk yang sudah dikemas bagus yaitu sirup bunga telang.

“Kalau lagi produksi ya ditawarkan lewat grup RW. Warga biasanya membeli dari sana. Belum diproduksi banyak. Ini masih mencoba-coba,” kata Mudakir, ketua RW 1.

Baca Juga : Keren, PKK Kota Kediri Manfaatkan Limbah Minyak Jelantah untuk Membuat Sabun

Sebetulnya tidak hanya taman itu. Setiap gang dan sudut rumah tampak hijau. Warga punya inisiatif untuk menanam aneka tanaman dengan semangat “menanam” oksigen. 

Semangat itu ternyata memberi dampak mendapatkan beberapa penghargaan. Antara lain Kampung Proklim 2020 Tingkat Utama Nasional, Kampung Bersemi Tingkat Provinsi tahun 2018, dan Juara 1 Hatinya PKK Tingkat Kota Kediri tahun 2019.

 

Topik
Tim PKK Kota Kediri tanaman obat

Berita Lainnya