Dispendukcapil Kabupaten Blitar Ingatkan Pentingnya Data Pendidikan dan Golongan Darah | Kediri TIMES

Dispendukcapil Kabupaten Blitar Ingatkan Pentingnya Data Pendidikan dan Golongan Darah

Nov 09, 2020 06:45
Kepala Dispendukcapil Kab Blitar, Luhur Sejati.(Foto : Aunur Rofiq/JatimTIMES)
Kepala Dispendukcapil Kab Blitar, Luhur Sejati.(Foto : Aunur Rofiq/JatimTIMES)

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat terkait pentingya data kependudukan. Imbauan diantaranya mengenai pentingnya data golongan darah dan data pendidikan di kolom kartu keluarga (KK). 

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar Luhur Sejati, mengungkapkan, kolom golongan darah dan kolom pendidikan di Kartu Keluarga (KK) seringkali kurang diperhatikan oleh masyarakat. Padahal dua data ini memiliki manfaat penting. 

Baca Juga : Turunkan Angka Covid-19, Pjs Bupati Blitar Pimpin Patroli Prokes di Pantai Serang

“Kolom pendidikan itu seringkali dirubah kalau saat butuh.  Mestinya ketika lulus SD/MI maka melampirkan ijazahnya untuk dirubah. Begitu pula setelahnya saat lulus SMP, SMA dan perguruan tinggi. Ini fungsinya untuk menyesuaikan pendidikan,” ungkap Luhur Sejati kepada JATIMTIMES.

Dikatakannya, kolom pendidikan di kolom KK berpengaruh terhadap kegiatan-kegiatan dan program pemerintah. Diantaranya program bantuan dan tingkat klasifikasi desa. 

“Semakin tinggi tingkat pendidikan, maka klasifikasi desa itu akan ikut naik. Nah, kolom pendidikan ini biasanya diabaikan. Padahal ini penting sekali, jadi harus tertib untuk diperbaharui bila ada perubahan,” tegasnya.

Sama seperti kolom pendidikan, kolom golongan darah juga seringkali kurang diperhatikan oleh masyarakat. Padahal lanjut Luhur, kolom golongan darah sangat penting diantaranya untuk keperluan berobat bila ada salah satu anggota keluarga yang sakit.

“Bila ada anggota keluarga yang sakit dan membutuhkan bantuan darah, maka di datanya itu sudah ada golongan darah dari keluarga itu apa saja. Karena darah yang dibutuhkan itu sudah ada, tidak perlu tes darah lagi, informasi golongan darahnya sudah ada di situ. Ini yang perlu kita motivasikan kepada masyarakat, agar bisa memasukkan golongan darahnya di kolom KK,” terangnya.

Luhur menambahkan, Dispendukcapil terus mendorong masyarakat tertib mengisi kolom pendidikan dan golongan darah di kartu keluarga. Upaya diantaranya dengan memberikan sosialisasi dan imbauan di setiap kesempatan. 

“Masyarakat terus kita dorong untuk memperbaharui tingkat pendidikanya dan kita dorong mengisi golongan darahnya,” imbuhnya.

Dijelaskan, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui jenis golongan darah. Diantaranya dengan datang ke kantor PMI. “Di kantor PMI akan dicek, saat donor golongan darahnya apa. Dari PMI ketika donor itu sudah bisa untuk dibawa ke Dukcapil, golongan darahnya ini, sudah bisa untuk persyaratan mengurus isi kolom golongan darah ini,” jelasnya.

Baca Juga : Hadiri Pelantikan Pengurus Baru PC Fatayat NU Kabupaten Blitar, Ini Pesan Pimpinan DPRD

Lebih dalam Luhur menyampaikan, ketertiban mengisi kolom pendidikan dan golongan darah di KK merupakan bagian dari penyempurnaan data kependudukan. Data adminduk yang sempurna akan berdampak luar biasa terhadap pembangunan di seluruh sektor.

“Kedepan di Indonesia ini akan ketemu satu orang satu NIK. Di dalam NIK akan ketemu kebutuhan data dari masing-masing pemohon,” pungkasnya.(Adv)

 

 

 

Topik
Dispendukcapil Kabupaten Blitar golongan darah data pendidikan

Berita Lainnya