Percepatan Kepemilikan KIA, Dispendukcapil Kabupaten Blitar Gandeng Disdik dan Kemenag | Kediri TIMES

Percepatan Kepemilikan KIA, Dispendukcapil Kabupaten Blitar Gandeng Disdik dan Kemenag

Nov 05, 2020 19:45
Kepala Dispendukcapil Kab Blitar, Luhur Sejati.(Foto : Aunur Rofiq/JatimTIMES)
Kepala Dispendukcapil Kab Blitar, Luhur Sejati.(Foto : Aunur Rofiq/JatimTIMES)

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar berupaya melakukan percepatan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) terutama bagi peserta didik. Inovasi dan beragam terobosan dilakukan. Diantaranya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar Luhur Sejati, mengungkapkan, instansinya menargetkan seluruh anak-anak di Kabupaten Blitar memiliki KIA. Fasilitasi kepemilikan KIA bagi anak-anak merupakan tugas dan fungsi dari Dispendukcapil selaku Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki tugas, fungsi dan kewajiban pencatatan sipil bagi warga negara.  

Baca Juga : Kuatkan Kelembagaan, Dinas Pertanian Pemkab Blitar Dorong APTI Jadi Ujung Tombak Budidaya Tembakau

“Dispendukcapil memiliki kewajiban pencatatan kepada warga negara yang belum memiliki hak e-KTP. Nama dari dokumen ini adalah KIA. Target pertama kami adalah anak usia TK, PAUD dan usia di bawahnya,” terang Luhur Sejati, Kamis (5/11/2020).

Sementara untuk percepatan kepemilikan KIA di lembaga pendidikan SD dan SMP sederajat, Dispendukcapil melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kemenag Kabupaten Blitar. 

Anak di jenjang pendidikan ini diprioritaskan karena ada kemungkinan KIA dipersyaratkan untuk keperluan tertentu di bidang pendidikan.

“Selain anak TK dan PAUD, KIA ini juga untuk anak SD. Skala prioritas kami adalah anak usia kelas 5 dan 6 SD. Kenapa demikian?Ada kemungkinan KIA akan dipersyaratkan ketika akan masuk SMP. Atau kelas 3 SMP/MTS akan dipersyaratkan untuk masuk ke SMA/SMK/MA bagi sekolah yang mewajibkan syarat memiliki KIA. Sehingga kami utamakan di situ dulu,” tegasnya. 

Lebih dalam Luhur menyampaikan, apabila tidak dipersyaratkan untuk mengakses pelayanan publik, fungsi dari KIA masih sangat penting. Diantaranya untuk pendataan penduduk yang belum berusia 17 tahun atau belum wajib memiliki e-KTP.

Baca Juga : Bupati Jombang Pimpin Apel Kampanye Masker Nasional

“Sehingga kita harapkan seluruh anak di Kabupaten Blitar memiliki KIA. KIA ini juga berisi Nomor Induk Kependudukan (NIK). Artinya, NIK yang dimiliki di KIA  itu sama dengan NIK yang tertera di KK. Ini kita informasikan dan wajib diketahui oleh masyarakat,” paparnya.

Adapun persyaratan untuk KIA bagi anak yang berusia sebelum 5 tahun tidak perlu melampirkan foto. Foto wajib dilampirkan oleh anak berusia 5 tahun ke atas. 

“Prosesnya pelayanan di kantor kami cepat sekali. KIA langsung kita cetak jadi. Bagi anak yang lahir di tahun ganjil, latar belakangnya adalah warna merah. Bagi anak yang lahir di tahun genap, latar belakangnya adalah warna biru. Bagi anak yang sudah mencetak KIA sebelum usia 5 tahun dan ketika usia 6 tahun dimohonkan yang bersangkutan datang ke Dukcapil lagi untuk menukarkan KIA dengan membawa foto 3x4 sesuai warna dengan tahun kelahirannya,” pungkasnya.(Adv)

Topik
Dispendukcapil Kabupaten Blitar Kartu identitas anak (KIA)

Berita Lainnya