Bak Sinetron, 23 Tahun Terpisah 2 Saudara Kembar Dipertemukan Lewat Aplikasi TikTok | Kediri TIMES

Bak Sinetron, 23 Tahun Terpisah 2 Saudara Kembar Dipertemukan Lewat Aplikasi TikTok

Oct 20, 2020 19:58
Treni bersama Ibu Rini ditemui di rumahnya di Kademangan.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)
Treni bersama Ibu Rini ditemui di rumahnya di Kademangan.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)

Terpisah selama 23 tahun, dua saudara kembar akhirnya dipertemukan kembali lewat aplikasi sosial media TikTok. Dua saudara kembar tersebut yakni Treni Fitryana (24) yang kini tinggal di Dusun Ringinanom RT 01 RW 05, Desa Sumberjati, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar seakan tidak percaya dapat dipertemukan dengan saudara kembarnya bernama Trena Mustika (24) yang kini tinggal di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Treni awalnya tidak menyangka bahwa dirinya mempunyai saudara kembar identik. Dia mengaku masih tidak percaya saat menceritakan kisah perjumpaannya dengan saudara kembarnya Trena lewat aplikasi media sosial TikTok.

Baca Juga : Pencarian Balita Hilang Misterius di Bululawang akan Dihentikan, Petugas Pesimistis Masuk Irigasi

"Sebenernya masih gak percaya dan baru tahu kalau saya punya saudara kembar. Ya baru sekarang ini tahu kalau punya kembaran. Nama kecil saya, katanya Elis Treni Mustika. Tapi, sama ibu Rini (ibu asuh Treni di Blitar) nama saya diganti Treni Fitrayana. Di akta kelahiran nama saya Treni Fitriyana," kata ibu dua anak tersebut saat ditemui BlitarTimes, Selasa (20/10/2020).

Treni mengaku mengetahui bahwa dia memiliki saudara kembar saat dihubungi melalui pesan WhatsApp oleh saudaranya di Tasikmalaya pada Selasa (13/10/2020) pekan lalu. Dalam pesan WhatsApp itu, saudaranya mengatakan Treni punya saudara kembar Trena yang tinggal di Tasikmalaya.

Sebelumnya menghubunginya, saudaranya sempat melihat video Treni di aplikasi media sosial TikTok. Dalam video itu, wajah Treni mirip dengan wajah saudara kembarnya Trena. Saudaranya mendapat nomor WA Treni melalui media sosialnya.

"Sebelumnya kembaran saya dan saudara saya menghubungi saya lewat WhatsApp, dan tanya apakah saya pernah tinggal di Ambon dan saya jawab iya. Terus langsung ditanya apakah orang tua saya benar bernama Ibu Rini dan Bapak Misranto. Dari situ saya dikasih foto saya waktu kecil dan ternyata sama dengan punya saya. Di situ kaget dan baru percaya kalau saya memang punya saudara kembar," jelas wanita berjilbab tersebut.

Treni yang memang aktif di hampir semua sosial media untuk berjualan online. Maka itu, Treni sangat akrab dengan media sosial. Akan tetapi, dia mengaku tidak tahu video mana yang dilihat saudaranya di Tasikmalaya.

"Kebetulan saya memang aktif di sosial media, ya di YouTube, Twitter, Instagram, Facebook dan lainnya. Kebetulan saya juga berjualan online lewat sosial media. Tapi saya tidak tahu video mana yang dilihat saudara kembar saya," tuturnya.

Treni mengaku dia semakin percaya bahwa dia memiliki saudara kembar saat dia dihubungi oleh ayah kandungnya di Tasikmalaya. Ayah kandungnya yang bernama Aceng menceritakan masa kecil Treni. Ayah kandungnya meminta Treni menanyakan hal itu ke ibu asuhnya, Rini.

"Awalnya saya takut, tidak berani mau cerita ke ibu, khawatir menyakiti hati ibu. Saya minta ayah yang bilang sendiri ke ibu. Karena ini urusan orang tua waktu dulu berarti mereka juga yang harus menyelesaikan," ujarnya.

Baca Juga : 2 Hari Balita Hilang Misterius, Polisi Masih Lakukan Penyelidikan

Treni menuturkan, selama ini baru menyadari jika ibu yang selama 24 tahun merawatnya bukan ibu kandungnya. Treni diasuh oleh pasangan suami istri Rini dan Misranto, warga Blitar.

Dari situ, Rini ibu asuh Treni di Blitar mengungkap kisah masa kecilnya saat di Ambon. Rini mengakui Treni bukan anak kandungnya. Tapi, Rini sudah merawat Treni seperti anak kandungnya sendiri dari bayi hingga sekarang.

"Selama ini, setahu saya ibu saya ya Bu Rini. Beliau merawat saya sejak bayi sampai dewasa dengan baik. Ibu sayang sama saya. Sampai sekarang saya juga masih sering manja sama ibu," ungkapnya.

Mengetahui hal itu, Treni bersama keluarganya di Blitar berencana akan bertemu langsung dengan saudara kembarnya Trena dan juga keluarga kandungnya di Tasikmalaya. Di sana dia juga berencana berziarah ke makam ibu kandungnya yang telah meninggal dunia.

"Setelah tahu semua itu kita sekeluarga di Blitar, besok Rabu (21/10) akan berangkat ke Tasikmalaya untuk bertemu kembaran saya Trena dan juga bersilaturahmi dengan keluarga di sana. Rencananya saya juga mau nyekar di makam ibu kandung saya, karena di kabari oleh keluarga sana bahwa ibu sudah meninggal beberapa tahun yang lalu," tuntasnya.

Topik
medsos tiktok dipertemukan tiktok Berita Blitar Hari Ini

Berita Lainnya