Bawaslu Kabupaten Kediri Copot Ribuan Alat Peraga Kampanye | Kediri TIMES

Bawaslu Kabupaten Kediri Copot Ribuan Alat Peraga Kampanye

Oct 07, 2020 20:59
Petugas gabungan Bawaslu dan Satpol PP mencopoti APK.(eko arif.s/Jatimtimes)
Petugas gabungan Bawaslu dan Satpol PP mencopoti APK.(eko arif.s/Jatimtimes)

Tindakan tegas kembali ditunjukkan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kediri. Setelah menindak sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang melanggar aturan lantaran ikut terlibat kampanye pasangan calon, kini Bawaslu menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK). Jumlahnya mencapai ribuan APK dalam pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kediri tahun 2020.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Kediri Bidang Pencegahan dan Penindakan Sukari mengatakan bahwa kegiatan penindakan APK ini sudah dilakukan Monitoring sebelumnya oleh Bawaslu.

Baca Juga : Pilkada Sumenep, Paslon Dilarang Kampanye di Dua Kecamatan

"Pada tanggal 26 September kemarin teman-teman di Panwascam sudah kami instruksikan untuk menindak tegas terhadap APK yang melanggar ketentuan. Hasilnya ditemukan sejumlah pelanggaran mulai pemasangan APK, tanggal kadaluarsanya, APK dipasang di lokasi areal tempat ibadah dan pendidikan serta larangan pemasangan APK menggunakan paku yang ditancapkan di pohon," kata Sukari, Rabu (7/10/20).

Hasilnya, menurut Sukari ada setidaknya 2.036 APK yang melanggar ketentuan sesuai dengan PKPU No 11 dan Peraturan Bupati No 42 Tahun 2017. "Sebanyak 2.036 ini tersebar di beberapa titik kecamatan di Kabupaten Kediri. Sebanyak jumlah itu juga APK langsung  kita lepas," ungkap Sukari.

Sementara itu, lanjut Sukari, dalam penindakan ini, Bawaslu sebelumnya telah berkoodinasi dengan KPU Kabupaten Kediri untuk menindaklanjuti dengan menyampaikan kepada tim sukses partai atau pasangan calon untuk penertiban APK.

Baca Juga : DPD PDIP Jatim Targetkan Pasangan SanDi di Pilkada Kabupaten Malang Raih 45 Persen Suara

"Alhamdulillah setelah tanggal 30 September kami koordinasi, KPU Kabupaten Kediri mengirim surat peringatan baik dari Pasangan Calon, Partai Politik maupun tim sukses. Jika dalam waktu 1 X 24 Jam imbauan ini tidak dilakukan maka kami Bawaslu berkewajiban koordinasi dengan Satpol PP untuk melakukan penertiban. Dan hasilnya kita lakukan hari ini," ucapnya.

Topik
Bawaslu Kabupaten Kediri Alat Peraga Kampanye

Berita Lainnya